23 January 2013

10 Lagu Menyambut Hujan



Ada tiga waktu mustajab yang tepat untuk merenungi hidup: yang pertama adalah ketika patah hati, yang kedua adalah ketika kehilangan -ditinggal pergi atau mati oleh seseorang yang kita sayangi- dan yang ketiga adalah ketika hujan.

Beberapa waktu yang lalu ketika di luar sedang hujan saya terdampar di sebuah blog teman dan mendapati ia dan beberapa teman lainnya asyik mempermainkan hujan dengan cara mereka sendiri, yaitu dengan membuat #10LaguYangDidengarkanKalaHujan. Sebagai pemuja hujan, saya harus ikut serta.

Berikut akan saya lampirkan beberapa lagu yang sekiranya bisa menjadi teman baikmu untuk menghabiskan hujan.

10. Funeral for A Friend - Your Revolution Is A Joke

We stand to fight for nothing,
so close your eyes and stay away.
Don't believe their headlines
they poison our minds, everyday

Hujan tidak melulu berkisah tentang percintaan, bisa saja berkisah tentang keresahan kita terhadap lingkungan sekitar. Misalnya keresahan akan berita-berita yang beredar, yang terlalu sering mengisahkan hal yang sebaliknya. Benar dibilang salah, salah dibilang benar. Sehingga batas antara benar dan salah itu sangat tipis. Setipis shirath. Dan kita hanya bisa meraba-raba di dalam gelap untuk menemukan mana yang benar-benar benar.

9. Dashboard Confessional - Vindicated

Dashboard Confessional adalah salah satu band favorit saya. Sepertinya Chris Carrabba memang terlahir dengan bakat mencipta lagu yang nyaman di telinga.

Vindicated, I am selfish, I am wrong, I am right
I swear I'm right, swear I knew it all along
And I am flawed but I am cleaning up so well
I am seeing in me now the things you swore, you saw yourself

Kalau kamu punya salah, jangan malu untuk mengakui kesalahan itu. Karena sejatinya lelaki yang paling jantan adalah lelaki yang mau mengakui kekurangan dan kesalahannya meski itu akan terkesan hina di hadapan orang-orang.

8. Sigur Ros - Samskeyti

Musik adalah bahasa universal. Nampaknya ugkapan ini berlaku untuk semua lagu Sigur Ros. Walaupun Jónsi Birgisson bernyanyi dengan Bahasa Islandia yang janggal terdengar di telinga, Sigur Ros tetap banyak yang suka. Termasuk saya. Kalau tidak googling, saya pun tidak akan mengerti arti dari tiap-tiap lagunya. Salah satu yang menarik dari Sigur Ros adalah sang vokalis sekaligus gitaris, tidak memainkan gitar dengan cara dipetik atau di-genjreng seperti pada umumnya, melainkan dibesut seperti memainkan biola atau cello.

Pada suatu waktu saya iseng mendengarkan soundcloud punya Rahne Putri yang ini dan ternyata pakai backsound Samskeyti. Bagus banget :')

7. Shaggy Dog - Lagu Rindu

Kamu pernah LDR-an?
Band indie dari Jogja ini punya satu nomor lagu yang pas untuk didendangkan ketika kita sedang rindu kepada seorang kekasih yang ada di seberang sana. Ketika raga sulit untuk dipertemukan, sekiranya hujan bisa meredakan kerinduan.

Aku rindu kepadamu
Di luar hujan turun dengan derasnya
Sudah seminggu kita tak bertemu
Deras hujan sepi malam

6. Radiohead - Fake Plastic Tree

Handphone palsu, sepatu palsu, tulisan palsu, pemimpin palsu, cinta palsu. Kita sekarang hidup di zaman kepalsuan yang mengedepankan pura-pura. Kalau bisa dapat barang palsu yang nampak asli dengan harga murah, untuk apa kita merogoh kocek kita dalam-dalam? Toh uang yang kita bayar juga uang palsu.

Her green plastic watering can
For her fake Chinese rubber plant
In the fake plastic earth
That she bought from a rubber man
In a town full of rubber plans
To get rid of itself

Ngomong-ngomong soal hujan, jangan-jangan hujan deras di luar sana cuma hujan palsu buatan China?

5. The Trees and The Wild - Derau dan Kesalahan

Ketika SMA saya ingin sekali membuat band eksperimental dan menyanyikan lagu buatan sendiri dengan musik yang bergolak seperti Derau dan Kesalahan-nya TTATW ini. Sekarang keinginan itu sudah surut dan saya sudah mendamaikan hati saya sendiri untuk tidak ngeband lagi dan cukup menggemari TTATW lewat mp3 dan panggung musik mereka.

Lagu ini seperti hujan. Rintik di depan, deras di akhir.

4. Rocket Rockers - Ingin Hilang Ingatan

Berkisah tentang seorang yang ingin melupakan semua kenangan indah dengan mantan pacarnya namun ternyata kenangan tersebut membatu di dalam memorinya, dan ia berharap agar Tuhan menghapus semua ingatannya.

Terlintas keinginan untuk dapat
hilang ingatan agar semua terlupakan
Dan ku berlari sekencang-kencangnya
Tuk melupakanmu yang telah berpaling

Selain Kasih Tak Sampai dan Ternyata Cinta-nya Padi yang dinyanyikan oleh Anji, ini adalah lagu wajib saya kalau lagi karaoke-an. Lagu-lagu tersebut paling enak dinyanyikan kencang-kencang sampai pita suara berasa mau putus.

3. Kings of Convenience - Homesick

Selama tiga tahun saya kuliah di tanah rantau, saya akhirnya bisa memahami apa arti kata jauh. Jauh dari Bapak-Ibu, dari rumah tempat kita berpulang dan dari kekasih tempat kita mengaduh. Untung saja sms dan telepon bisa memperpendek jarak antara Jogja-Bintaro.

I've traveled far and I've burned all the bridges
I believed as soon as I hit land
all the other options held before me,
would wither in the light of my plan.


Homesick.
Because I no longer know where home is.

Coba bayangkan ketika kamu sedang merantau, sendiri, rindu akan orang-orang yang ada di jauh sana, di luar sedang hujan dan winamp tiba-tiba memainkan lagu ini. Oh, Neptunus... :'(

2. Sheila On 7 - Waktu yang Tepat Tuk Berpisah

Bagi saya SO7 adalah living legend. Lagu-lagunya menemani tumbuh kembang saya sejak kanak-kanak hingga sekarang berpikiran untuk mempunyai anak-anak.

Dan bila kau harus pergi
Jauh dan tak’kan kembali
Ku akan merelakanmu bila kau bahagia
Selamanya di sana walau tanpaku

Sehangat pelukan hujan, saat kau lambaikan tangan
Tenang wajahmu berbisik
Inilah waktu yang tepat ‘tuk berpisah

Kalau dibayangkan, lagu ini memang dramatis sekali. Putus ketika sedang hujan. Air yang tumpah dari angkasa berasa ribuan mata pisau yang mencabik-cabik hati. Kalau sudah begini, kita bisa apa?

1. Coldplay - Fix You

Ini adalah lagu terbaik untuk merayakan hujan. Pertama kali saya mendengarnya saya langsung jatuh cinta. Tapi jangan berharap banyak dengan lagu ini. Lagu ini tidak merepresentasikan judulnya. Ketika kamu sedang sedih dan terluka, dan dengan sengaja kamu memutar lagu ini, niscaya lagu ini tidak akan menyembuhkan apa-apa. Malah akan membuat lukamu semakin menganga. :')

When you try your best, but you don't succeed
When you get what you want, but not what you need
When you feel so tired, but you can't sleep
Stuck in reverse

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

* * *

Selain kesepuluh tembang di atas, saya masih punya sepuluh tembang lainnya. Kalau yang tadi adalah side A, anggap saja yang ini adalah side B. Saya urutkan berdasarkan abjad penyanyinya. Dijamin tidak kalah nggerus ketimbang sepuluh yang awal.

Adele - Someone Like You
Adhitya Sofyan - After The Rain
Anda - Menghitung Hari
Bon Iver - Holocene
Captain Jack - Pahlawan
Efek Rumah Kaca - Desember
Glen Hansard and Marketa Irglova - Lies
Payung Teduh - Resah
She & Him - Please, Please, Please, Let Me Get What I Want
Tacking Back Sunday - Cute Without The E

Kedua puluh lagu tersebut sudah saya kemas dalam sebuah mixtape yang bisa sewaktu-waktu kamu dengarkan. Tinggal pencet play dan biarkan jiwamu jatuh bersama butiran hujan. Akhir kata, selamat menyambut hujan :)

http://8tracks.com/arswendy/lagu-menyambut-hujan


Kalian juga bisa berkunjung ke #10LaguYangDidengarkanKalaHujan lain versi Heru, Pahrur, Gita, Galih atau beberapa dari teman lainnya di sini dan di sini.

16 comments:

  1. Aha!! akhirnya ada yg masukin Bon Iver sama She & Him... good put, Wen. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo She & Him mah harus masuk, secara aku penggemar berat Kak Zooey :3

      Delete
  2. aku lagune ming reti sing Fix You thok wen
    -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kowe ra gaul tenan wik. ben ngerti, mugakno dirungokke ikine: http://8tracks.com/arswendy/lagu-menyambut-hujan

      Delete
  3. uwooo, nggerus!
    etapi nek lagu kangen2an, Lagu Rindu-ne Shaggy Dog ijih kalah karo Lagu Rindu-ne Kerispatih menurutku. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga brur!
      tapi nek nyanyi kudu dimrongos2ke ben koyo sammy

      Delete
    2. cacad komenmu wen, mosok dimrongos2ke!

      Delete
  4. fix you emank juara!
    vindicated sountrack film apa ya? familier lagunya

    ReplyDelete
  5. breaking benjamin bagus sih apalagi pas di jalan tol, agak macet.

    ReplyDelete
  6. Setujuuu Sigur ros, Bon Iver, coldplay Radiohead wajib ada di playlist. Coba dengerin jonsi-grow till tall, lali puna - faking the books, imogen heap, kings of convenience, frou frou.. teduh-teduh hati damai

    ReplyDelete
  7. Setujuuu Sigur ros, Bon Iver, coldplay Radiohead wajib ada di playlist. Coba dengerin jonsi-grow till tall, lali puna - faking the books, imogen heap, kings of convenience, frou frou.. teduh-teduh hati damai

    ReplyDelete
  8. Gak ada fansnya helen stellar ya ... Musiknya bisa bikin pikiran mengawang-awang flashback ke masa lalu lho ... Hahaha .... Dengerin deh yang judulnya IO (This Time Around)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. yg IO bagus gan..cobain lagunya paolo nutini,lumayan juga

      Delete
  9. min dialog dini hari sing pelangi iku cocok koyok e

    ReplyDelete

 
;