06 February 2013

Sakit yang Saya Derita (Part II): Hipertiroid Subklinis


Akhir-akhir ini saya sering merasa tidak enak badan. Badan terasa lemas, mudah capek, mudah mengantuk, susah konsentrasi, pencernaan terganggu, badan pegal-pegal dan penglihatan menjadi kabur (mengenai sakit mata, baca cerita ini). Sakit ini sangat mengganggu pekerjaan saya. Banyak pekerjaan penting menjadi terbengkalai atau lupa untuk dikerjakan. Semua menjadi kacau.

Sedari dulu saya merasa susah untuk memacu prestasi di bidang akademik. Daya ingat saya tidak bagus. Sekarang hafal Undang-undang, minggu depan pasti sudah lupa. Itulah sebabnya saya hanya belajar ketika menjelang ujian atau quiz saja. Saya sering iri dengan teman-teman yang bisa mengingat suatu rumus atau definisi sesuatu hanya dengan satu dua kali baca. Kalau saya sendiri harus mengulang-ulang agar bisa nyantol di kepala. Hingga akhirnya saya tidak bisa mengupayakan agar IPK saya bisa cumlaude seperti dambaan semua mahasiswa.

Kalau tidur, saya membutuhkan minimal 9 jam dalam sehari. Kalau ingin bangun jam 5 pagi ya jam 8 malam harus sudah tidur. Kalau tidur kurang dari 9 jam pasti siangnya badan terasa lemas, kurang gairah. Sering kali saya bisa tidur 12 jam dalam sehari. Sungguh sia-sia bukan, menghabiskan setengah hari hanya untuk tidur saja. Padahal beberapa teman ada yang merasa cukup hanya dengan tidur 4-5 jam saja dalam sehari.

Dari berbagai keluhan tersebut, yang paling terasa mengganggu adalah badan lemas dan sakit mata. Dari gejala lemas itu saya pikir saya diabetes, mengingat Ibu dan Nenek juga diabetes. Kalau tidak salah baca, penyakit diabetes bisa menurun silang ke anak laki-laki. Saya sudah pernah dua kali tes gula darah dalam kurun waktu yang berbeda. Hasilnya sama saja, normal. Tidak ada resiko diabetes. 

Kalau mau tes gula darah harus puasa dulu sejak semalam sebelumnya. Jadi misalnya besok pagi kita mau tes gula darah, sejak Magrib/Isya dari sekarang kita sudah mulai puasa.

Karena tidak ada resiko penyakit diabetes, saya pikir saya anemia. Kekurangan darah. Terutama hemoglobin. Mungkin rasa lemas yang selama ini saya rasakan disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen dalam darah sebagai imbas dari rendahnya kadar hemoglobin dalam darah yang seharusnya bertugas mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Setiap hari Selasa dan Jumat di kantor ada pemeriksaan dokter secara rutin. Saya kemudian memeriksakan diri. Kata dokter, dari gejala yang selama ini saya rasakan, kemungkinan saya ada gangguan tiroid. Tiroid adalah kelenjar yang terdapat pada bagian leher depan, menempel pada trakea di bawah laring. Kelenjar ini menghasilkan hormon triiodotironin (T3) dan tiroksin (T4). 


Gangguan tiroid sebagian besar terjadi pada wanita. Kemungkinan kecil terjadi pada laki-laki (yang kurang beruntung). Penyakit ini tidak menurun secara genetik. Pada dasarnya semua orang mempunyai bakat untuk menderita penyakit ini, tinggal ada atau tidak pemicu eksternalnya.

Bagi seorang wanita, fungsi tiroid yang baik merupakan kunci untuk mempertahankan kehamilan, sebagian wanita mengalami ketidakseimbangan tiroid terutama saat hamil. Hal itu mempengaruhi metabolisme dan meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, bayi berat badan rendah dan gangguan perkembangan otak.

Kembali ke pembicaraan semula. Dari gejala-gejala yang terlihat, kata dokter saya tidak terlihat seperti menderita gangguan tiroid. Sakit saya lebih cenderung ke gangguan darah. Lebih baik saya cek darah rutin dulu untuk memastikan menderita gangguan darah atau tidak. Saya dirujuk ke dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Panti Rapih untuk cek darah rutin.

Hari berikutnya saya ke Rumah Sakit Panti Rapih ditemani pacar saya. Saya mempunyai Askes (Asuransi Kesehatan) dari orang tua yang berprofesi sebagai PNS. Atas saran dokter kantor, agar biaya menjadi lebih ringan, lebih baik saya memakai Askes. Setelah saya tanyakan pada petugas di sana, ternyata Askes saya tidak bisa dipakai lagi karena umur maksimal pengguna Askes anak adalah 21 tahun sedangkan saya sudah mencapai 22. Masa berlaku Askes bisa diperpanjang lagi meskipun anak telah mencapai lebih dari 21 tahun asalkan anak tersebut masih kuliah dan tidak mempunyai pekerjaan tetap. Untuk memperpanjang masa berlaku Askes, diperlukan surat keterangan yang menyatakan anak tersebut benar-benar mahasiswa dari kampus tersebut.

Dari hasil cek darah rutin di Panti Rapih, kadar hemoglobin saya termasuk normal. Hasil hematologi yang lainnya seperti lekosit, eritrosit, hematrokit, dan trombosit saya juga normal. Dokter memastikan bahwa saya tidak ada gangguan darah. Saya hanya diberikan multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh dan dirujuk untuk tes tiroid. Biaya total kurang lebih Rp200.000. Biaya menjadi mahal karena ada biaya perawatan dokter spesialis sebesar Rp70.000.

Tips kalau mau periksa di Panti Rapih, sebaiknya pagi-pagi Anda telpon dulu untuk reservasi nomor pendaftaran. Pengalaman saya kemarin, saya datang sekitar pukul 9 pagi tanpa telepon terlebih dulu. Saya baru dipanggil dokter sekitar pukul 1 siang. Setelah itu baru tes darah rutin. Hasil lab jadi kurang dari setengah jam. Setelah hasil lab jadi, kita masih harus mengantri lagi untuk menunggu giliran konsultasi hasil lab ke dokter. Semua prosedur baru selesai pukul 3 sore. Kemudian akhirnya saya tahu, 6 jam di rumah sakit itu ternyata membosankan.

Tes tiroid yang sederhana ada 3 macam, yaitu tes kadar T3, T4 dan TSH. Tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah kita hipertiroid (kelebihan) atau hipotiroid (kekurangan). Saya tes T3, T4 dan TSH di Prima Diagnostika di daerah Ngabean, Yogyakarta. Saya memilih di sini karena harga tes lab di sini terhitung lebih murah daripada di tempat lain. Tiap-tiap tes tersebut seharga Rp125.000, dikali 3 jadi totalnya Rp Rp375.000. Di tempat lain biayanya diatas Rp500.000. Hasil tes baru jadi sehari setelahnya. Hari berikutnya saya ambil, dan hasilnya adalah sebagai berikut:

T3 hasil 0.98 ng/mL (nilai rujukan* 0.58-1.59)
T4 hasil 77.2 ng/mL (nilai rujukan* 48.7-117.2)
TSH hasil < 0.158 uIU/mL (nilai rujukan* 0.40-5.50) <--ini yang kurang normal

Nilai rujukan adalah nilai normal manusia yang sehat. Nilai rujukan tiap-tiap lab berbeda karena metode dan alat yang digunakan juga berbeda-beda.

Kata laboran di sana, kemungkinan saya menderita hipotiroid (kekurangan), karena kadar TSH saya dibawah normal. Hari berikutnya saya membawa hasil lab tersebut ke RSUD Jogja (Dulu namanya RSUD Wirosaban). Saya pilih rumah sakit ini karena biaya di sini relatif lebih murah di banding rumah sakit lainnya. Di sini saya kembali konsultasi dengan dokter penyakit dalam. Dari hasil lab dan gejala-gejala yang saya rasakan, kata beliau saya positif hipertiroid (kelebihan). Vonis ini beda dengan vonis dari laboran Prima Diagnostika. Ternyata ada parameter tertentu untuk menentukan seseorang itu hipertiroid atau hipotiroid. Tidak bisa sembarang dalam menentukannya. Kemudian, oleh dokter saya diberi resep obat PTU (propilthiouracil) 100 mg yang diminum sehari 2 kali setelah makan. Obat ini bertujuan untuk menormalkan kinerja tiroid yang berlebihan. Setelah kontrol kedua, saya diberi tambahan obat lagi yaitu propanolol 10 mg untuk meredakan jantung yang berdebar akibat metabolisme tubuh yang berlebih.

Sebenarnya saya masih ragu, saya ini hipertiroid atau hipotiroid. Setelah mendapat keterangan dari dokter dan mencari-cari info di internet, akhirnya saya berkeyakinan bahwa saya memang positif hipertiroid. Lebih tepatnya hipertiroid subklinis, karena sakit saya ini masih dalam level yang rendah. Belum mencapai level klinis. 

Kebanyakan orang tidak tahu mengenai resiko penyakit ini. Padahal, produk kelenjar tersebut berperan sangat penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta laju metabolisme tubuh. Pada awalnya, para penderita sering salah dalam mendiagnosa sakitnya. Badan lemas, dikira anemia dan merujuk ke dokter hematologi. Denyut jantung meningkat, dikira hipertensi dan merujuk ke dokter kardiologi. Pandangan mata jadi kabur, dikira matanya sudah minus dan merujuk ke rumah sakit mata. Padahal semua gejala tersebut sebenarnya merujuk pada satu penyakit, yaitu gangguan tiroid itu sendiri. Jadi apabila kamu, keluarga kamu, teman kamu atau siapapun yg kamu kenal sekiranya mengalami gejala seperti yang saya utarakan di atas, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam.

Seperti yang sudah saya paparkan di atas, penyakit ini bukan penyakit yang bisa menurun secara genetik. Pada dasarnya semua orang mempunyai bakat untuk menderita penyakit ini, tinggal ada atau tidak pemicu eksternalnya. Beberapa ahli menyatakan bahwa salah satu pemicu dari penyakit ini adalah asap rokok (baca ini dan ini).

Saya bukan seorang perokok. Mencium bau asap rokok saja saya sudah mual. Mungkin penyakit saya ini disebabkan oleh kebiasan Bapak dan Kakak merokok di dalam rumah selama ini. Terlebih kebanyakan teman saya adalah seorang perokok, dan secara tidak sengaja saya menghirup asap rokok yang mereka hembuskan. Saya tidak berusaha menyalahkan siapa-siapa. Semua orang sudah tahu tentang apa saja efek buruk dari asap rokok.

Sampai sekarang saya masih mengkonsumsi PTU dan propanolol setiap hari. Masing-masing 2 butir sehari. Teman saya, @ditaditonk, juga mengidap hipertiroid seperti saya dan sudah mengkonsumsi obat sejak 6 tahun yang lalu. Alhamdulillah sekarang dia sudah hidup tanpa obat. Salah satu doker saya, seorang wanita, juga mengidap hipertiroid. Ia bisa sembuh hanya dalam waktu 3 bulan. Ada kasus lain lagi. penderitanya terpaksa harus mengangkat kelenjar tiroidnya dengan cara operasi karena sudah terlalu parah, dan kemudian ia harus mengkonsumsi obat seumur hidup untuk mengganti kebutuhan tiroksin dalam tubuh. Semoga saya tidak seperti itu.

Setelah sakit seperti ini, saya baru benar-benar paham arti dari kesehatan itu mahal harganya. Bahwa memang benar banyak orang rela menghabiskan hampir seluruh penghasilannya "hanya" untuk bisa menjadi sehat kembali. Bersyukurlah kalian yang senantiasa dikaruniai kesehatan oleh Tuhan untuk melanjutkan hidup. :)

171 comments:

  1. Oh ya pernah inget Iting cerita soal ini. Semoga cepet sembuh Wen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. aku berguru sama dia biar cepet sembuh.
      makasih om marli :)

      Delete
    2. Kalau TSH rendah maka biasanya t4 tinggi, tp bgmnpun tshs rendah itu diperlukan spt saya yg menderita kanker tiroid papilary variant folicular spy kanker tidak menyebar,

      Delete
    3. Saya juga kanker papilary variant foliculer sdh diambil satu, tiap hari harus minum thyrax 1,5 tab, sering lemas dan mengantuk, ada saran ?

      Delete
    4. Ya itu persis pengalaman saya ,semoga cepat sembuh,q sampai sekarang masih mengomsomsi obat ,semoga saya jg cpt srmbuh amiin ,benar kalau sehat you Mahal,maka bersukur lah yg punya badan sehat

      Delete
    5. Ya itu persis pengalaman saya ,semoga cepat sembuh,q sampai sekarang masih mengomsomsi obat ,semoga saya jg cpt srmbuh amiin ,benar kalau sehat you Mahal,maka bersukur lah yg punya badan sehat

      Delete
  2. Jadi, ijih wani tanding futsal lawan KPP Bantul ora ki? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampun, mas galau. aku gak berani nantang njenengan. takut kualat :(

      Delete
  3. Saya juga mengidap hipertiroid dan sekarang masih mengkonsumsi obat berupa tyrozol 10mg, dengan artikel ini saya sangat terbantu dan ingin sekali lekas sembuh dari sakit hipertiroid tersebut. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mbak/mas. semoga bisa lekas sembuh :)

      Delete
  4. Sy sudah 2 tahun 6 bulan mengkonsumsi PTU & Propanolol
    Tp T3 T4 Ft3 Ft4 Tsh blm normal juga. Sy periksa setiap 2bln.
    Obat tradisional juga sy minum, kaktus centongan. Tp tetep blm ada perubahan.
    Mohon info ya klo ada obat yg bisa menormalkan hormon thiroid dg cepat.
    Sy blm menikah, ada rasa takut juga, krn sy wanita, hihihi...
    Semoga qt lekas sehat yah... amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak/mas. Saya tiap 3 bln sekali jg cek darah. Amin. Semoga cepet sembuh :)

      Delete
    2. Kalau boleh sharing, saya jg mengidap hipertiroid dan terdeteksi sejak bulan Mei 2013. Pada saat itu, sy diminta dokter untuk mengkonsumsi obat tiroid dan propanolol selama 2 bulan pertama dengan dosis tertentu dan stlhnya diharuskan untuk melakukan pengecekan kadar t3, t4 dan tsh. Setelah 2 bulan mengkonsumsi obat dan dilakukan penecekan, kadar hormon saya mulai normal, berada dalam range hormon yg seharusnya dan dokter memutuskan utk menurunkan kadar obat yg saya minum.

      Tetapi, 2 bulan kemudian, kadar hormon tiroid saya kembali meningkat seperti sedia kala pada saat pertama kali terdeteksi. Hal ini menunjukkan bahwa ada ketergantungan antara penderita dan obat yg dikonsumsi dan juga sistem metabolisme tubuh. Pada saat itu, memang, kondisi tubuh sedang capek2nya krn berbagai aktivitas dan mungkin itulah salah satu penyebab meningkatnya hormon tiroid sy.

      Sampai pada titik tsb, saya berpikir bahwa ketergantungan obat ini (naik dan turunnya dosis obat) membuat saya merasa dengan bantuan obat tiroid ini tidak bisa memprediksi kapan hormon tiroid ini akan naik/ turun dan juga di sisi lain, obat tsb meninggalkan alergi berupa bintik2 merah gatal pada bagian dada dan punggung sy. Sehinggga saya memutuskan untuk mengangkat kelenjar tiroid ini melalui sebuah operasi- salah satu anjuran dokter. Pembedahan hanya bisa dilakukan jika kadar hormon berada dalam ambang batas normal, sehingga pada saat itu sy harus mengkonsumsi obat yg sama dengan kadar dosis yg lebih tinggi.

      Tepat 2 minggu yg lalu, akhir Feb 2014, sy menjalani pembedahan pengangkatan kelenjar tiroid sy dan saat ini tiroid tsb masih dalam pengecekan laboratorium. Pembedahan meninggalkan luka operasi pada bagian bawah bahu kiri dan kanan, serta bagian tengah dada. Saya kurang pasti dengan teknik pembedaan apa yg dipakai oleh dokter, hingga kini operasi tsb masih meninggalkan luka kering berupa goresan tipis, serta kebas dari leher hingga dada. Aktivitas sy berjalan normal dan tidak ada keluhan capek yg berlebih seperti dulu.

      Pasca operasi, sejauh ini sudah tdk ada lagi obat yg harus sy konsumsi tetapi sy masih hrs menunggu hasil lab atas tiroid tsb, apakah berbahaya/ tidak sehingga bisa diputuskan tindakan selanjutnya. Saya disarankan utk menemui dokter 2 bulan kemudian pasca operasi.

      Semoga sharing sy ini bisa bermanfaat. Monggo kalo ada pertanyaan mengenai tiroid yg sy alami :)


      Delete
    3. jenk vii-jee-hee-reee boleh tanya? harus ngamar berapa hari stlh pembedahan? dan proses penyembuhannya kira-kira berapa lama??? bisa email saya di wi2d_tosadah@yahoo.co.id

      Delete
    4. Mbak, saya juga sakit hipertiroid dan dianjurkan dokter untuk operasi. Saya mau tanya2 soal biaya boleh? Minta alamat e-mail mbak ya, terima kasih...

      Delete
    5. Halo, saya penderita hipertiroid. Sudah 2 bulan saya mengkonsumsi PTU dan tiap bulan cek TSHS&FT4. Alhamdulillah cek terakhir FT4 saya sudah normal, meskipun TSHSnya belum. (kata dokter FT4 lebih penting). Sekarang saya cuma minum PTU 1x sehari (kemungkinan seumur hidup), yang buat saya sedih kata dokter saya benjolan leher tidak bisa hilang, baru bisa hilang jika di operasi, sedangkan kata dokter itu setelah operasi belum tentu hipertiroidnya hilang. Sedangkan saya wanita, tidak mungkin minum obat terus karena kalau hamil bagaimana. Apakah betul seperti itu ya? Sedangkan saya cari di internet banyak sekali yang operasi lalu lepas obat, saya ingin seperti itu... Kalau memang tidak bisa sembuh, lalu lepas obat, mending saya operasi dari pada harus minum obat seumur hidup... Tolong beri pencerahan...

      Delete
    6. Saya juga hipertiroid diagonasanya september 2016 saya diberi Thryzol 10mg dan Propanolol 10mg selama 2 bulan sudah tu cek leb langsung drastis turun kelenjer tiroidnya dosis Thrizol pun dikurangi menjdi 5mg selama 2x sehari dan propanololnya distopkan karena debar jantungnya udh ngx lagi dan skg saya masih mengkonsumsi Thryzol 5mg ada shering sama teman katanya jagan minum obat PTU karena itu efeknya kehancuran hati.untuk memastikan tiroid itu sembuh total langkah awal kita cek leb 2 bulan sekali selama 3x cek kalau tidak ada ada tiroidnya itu dinamakan sembuh total dan mudah2an tidak kambuh lagi,,Aamiin

      Delete
  5. Saya juga sudah menderita hypertiroid selama 8 tahun. Ingin rasanya bisa cepet sembuh. Ada teman yang nyaranin pake pengobatan cairan yodium radioaktif, tapi kata dokterku itu buat orang yang sudah tua...adakah info lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebisa mgkin jgn pake pengobatan radioaktif. Nanti takutnya ada efek samping yg gak diinginkan.
      Sabar aja mbak. Jgn lupa tiap hari rutin minum obat :)

      Delete
    2. Saya juga uda 8 tahun dan blom sembuh.. karena saya sudah teelalu capek buat mengkonssumsi obat setiap hari...

      Delete
  6. Istri sy jg kena hipertiroid, sdh sekitar 1,5 bln berobat. Diberi obat PTU, Propanolol & Q-10. Kmrn brsn priksa lg dokter di Panti Rapih & diberi lagi obat untuk 1 bulan.

    Lalu sy coba buka internet, kalo sy ketik hipertiroid di Google, byk yg menyarankan ttg Ace Maxs. Sy jd pengin coba. Smg sj istri sy bisa segera sembuh.

    http://toko-herbal-yogyakarta.com/obat-terapi-herbal/herbal-asam-urat-dan-rematik/acemax-manggis-sirsak-murah-jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini bisa dicoba :)
      Makasih infonya

      Delete
    2. mohon informasinya tentang perkembangan pemakaian Ace Maxs... trimasih sebelumnnya

      Delete
  7. saya seorang wanita 22thn yg juga menderita hypertiroid :)

    6bln yg lalu sy divonis menderita hypertiroid dgn tiroid > 7,6 obat yg saya konsumsi itu PTU,propanolol. Q10 dan diazepam (krn sy tdk bsa tidur)dan BB turun 10kg. setelah itu dokter ahli endokrin mengganti obat PTU menjadi thyrozol 10mg. setelah 2bln sy cek lagi tiroid sy sdh turun malah menjadi 0,xxx dgn kata lain tiroid sy turun scra drastis dan cepat malah dokter sempat heran krn masa penyembuhan sy tergolong cepat. skg krn tiroid sy kurang (hypotiroid) saya hanya dianjurkan utk minum thyrozol 10mg dan euthyrox spy hormon sy bsa kembali normal lg. semoga qt semua lekas sembuh dan senantiasa diberi kesabaran dlm menjalani ini :)

    ReplyDelete
  8. Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat bagi saya yang juga menderita hypertheroid. Sayangnya saya kurang disiiplin mengkonsumsi PTU dan Propranolol. Tapi kedua obat ini mampu mengendalikan theroid saya.

    ReplyDelete
  9. apa tanda2 fisik yg bsa kita tau dr penyakit hipertiroid?
    ade'q leher'y pendek & berkerut spt garis kalung, tapi diantara garis tsb leher ade'q spt benjol, hal tsb dr kecil. kami kira itu hal wjar krn ade'q aga gemuk. tp kemarin, kami g sengaja periksa sakit flu biasa, tp dokter mmprtanyakan benjolan yg ada d'leher ade'q, & dsuruh prksa darah krn mnrut dokter ada kmungkinan itu adl tiroid. sejauh ini ade'q tdk mengeluh sakit pda leher'y & tdk mngeluh ttg hal2 lain, hnya saja akhir2 ini stlh kuliah dya than tubuh'y kurg & srg sakit. itu bagaimana yh mas/ mba??? mohon nasehat'y.
    Terimakasih sebelumnya :-)_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jd cek tiroid mbak? Gmn hasilnya?
      Kalo dr gejalanya kemungkinan mmg tiroid.

      Delete
  10. Sudah 5 bulan saya mengkonsumsi obat seperti anda , setelah ternyata saya tahu bahwa saya ad masalah dg hormon tiroid yg sebelumny gejalany sudah muncul dan hny saya hiraukan . Saya sering pegang" leher saya , siapa tahu ad tonjolan tapi ternyata tidak . Hanya mata saya yang melotot dan berat badan naik . Mauny tidur mulu dan makan . Saya terkadang takut , apalagi saya sering lupa sudah minum obat atau belum .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gangguan tiroid tdk semuanya ada tonjolan di leher.
      Ayo semangat buat penyembuhan. Minta bantuan keluarga ato tmn utk mengingatkan minum obat :)

      Delete
  11. Anak gadis saya sejak sept 2010 diterapi obat hipertiroid sampai saat ini. Umurnya skrg 18 th. Saya bangga dia tdk putus asa tapi saya sedih tidak bisa merasakan apa yg dia rasakan. Kalau saja penyakit itu bisa pindah ke saya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh jangan jd putus asa gitu dong pak/bu. Malu dong sama anak gadisnya yg terus berjuang buat penyembuhan.
      Trs kasih semangat dan perhatian utk penyembuhan anak gadis bpk/ibu

      Delete
  12. pak, saya sering mengalami jatung berpacu cepat dan napas ternengah engah saati pagi saya naik ruang kerja lantai 3. sepertinya tadi jantung berpacu cepat juga jadi indikasi ya. selain itu saya juga ada masalah mengenai menghafal dan mengingat. mohon penjelasannya pak.

    ReplyDelete
  13. Ealah pak kebo..
    itu normal kok, pak. Jangan kawatir.
    Terima kasih udah mampir.

    ReplyDelete
  14. udah hampir 3 tahun aku mestruasinya baru 4 kali. kurang lebih 8 bulanan baru menstruasi, aku udah pernah usg 2 klie tp gada tanda2 kista dll, trus aku bilang sama dokternya kalo aku gampang sekali pegel2 di leher dan punggung, telapak tangan dan kaki keringetan berlebihan gak kenal pagi siang malam, aku pun terkadang tremor, # pernah tes T4 ama TSH, sma T3 hasilnya t4 ama TSH lebih tp cuma dikit sie, trus akhirnya aku dirujuk oleh dokter kandungan ke bagian endokrin? tp smpe sekarang g t laksanain tuh
    menurut kalian???#aku baca2 gejala hipertiroid hamir smua ada di aku
    emng bahaya kah hipertyroid itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik segera ke bagian endokrin aja mbak sebelum terlambat. dokter kan yg paling ngerti masalah kayak gitu.
      kalo buat cewe hipertiroid emang bisa berpengaruh ke kandungan.

      Delete
  15. Assalamu'alaikum..
    Saya juga di vonis hipertiroid sudh 6 bulan , sampe skrng masih minum OAT,dan 2 bln sekali di cek lab, oh ya obat nya di kasih thyrozol dan propranolol HCI , tapi sampe sekarang TSH nya masih rendah. TSHs nya < 0.005 * nilai hasil rujukan 0.27 - 4.7 , satuan uIU / ml. Apakah bapak punya solusinya untuk menormalkan TSHs saya?
    Terimakasih untuk jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengobatan hiper emang lama mbak. temen saya aja udah 6 tahun blm sembuh2. yg penting jgn putus minum obat sama cek darahnya. cek darah bisa dibikin 3 bln sekali

      Delete
  16. assalamualaikum..
    saya laki2 19 th jg divonis hypertiroid.dlu dksh obt propanolol..
    tp krn sya rasa obt itu gk ada efeknya, mka aq berhnti..
    hmpir 1 thun ini pnyakit ini saya biarkan...
    apakah nanti bisa parah?
    kalo obt PTU di apotek hrganya brp? mau saya coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh jangan sampe berhenti mas. nurut nasihat dokter aja gimana baiknya. kalo kita berhenti emang gak kerasa langsung. tapi lama2 bakal kerasa juga.
      per biji cuma ratusan perak. saya kalo beli lgsg 50-100 biji.

      Delete
  17. Saya juga di vonis menderita hypertiroid 1 bulan lalu, kadar TSH saya sedikit dibawah normal. Kata dokter itu memang hipertiroid karena kalau semakin menurun bisa menyebabkan kadar hormon tiroid lainnya meningkat. Awalnya karena berdebar-debar dan denyut nadi saya agak cepat. Jika istirahat sekitar 75-80 per menit, jika aktivitas normal 90an permenit sementara tekanan darah masih normal 110-120/70-80. Akhirnya saya kedokter jantung lalu disarankan test hormon tiroid karena hasil EKG dalam batas normal dan dirujuk ke dokter internis. Akhirnya di check darah dengan lengkap beserta dengan urin didapati semua hasil normal kecuali TSHnya. Sekarang belum di beri obat oleh dokter namun bulan depan harus test darah kembali. Semoga Tuhan menyembuhkan sehingga TSHnya bisa lebih naik dari sebelumnya. Amin. Untuk teman-teman yang berjuang sembuh tetap semangat karena dimana ada kemauan sembuh disana ada jalan. Saran saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sarannya. semoga lekas sehat kembali :)

      Delete
  18. Selain obat ptu apalgi ya untuk penyembuhny?yg sudah bnr2 terbukti.saya 8 bulan komsumsi obat ptu tp ga kuat sama pahitnya..apa lbih baik langsung di operasi saja??tp pembengkakan di leher blum terlalu besar.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya selama ini minum PTU sama propanolol. masing2 1x sehari.
      emang agak pahit. tapi gapapa demi kesembuhan
      kalo bisa diobati, jangan sampai dioperasi :)

      Delete
    2. wah mungkin terlalu terlambat untuk memberi tips ini sekarang, hehe. semoga mba/mas sudah sembuh ya saat ini terbaca. saya juga penderita hipertiroid. saya punya tips untuk minum obat agar tidak pahit. pahit karena cara minumnya obat diletakkan di lidah kan? saya minum air putih dulu, saya tahan di tenggorokan, lalu masukkan obat, pastikan tidak menyentuh langit-langit mulut (telak) dan telan bersamaan dengan air. lebih sering berhasil daripada gagalnya. pernah tentu saja gagal, dan paitnya gak ilang2 sampe gak bisa tidur. hehehe. selamat mencoba :)

      ami.

      Delete
  19. apakah harus istirahat klo mengidap penyakit ini???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep jalanin aktivitas seperti biasa. tapi jangan terlalu dipush utk kerja berat. kalau sudah terasa lelah, segera istirahat

      Delete
  20. Q br aj tes darah t3,t4 dan tsh ,,, tsh ku kta dktr diatas normal dikit ... nah untuk meyakinkan lagi bsk aku usg tyroid ... bg yg pny jamsostek bs dipake tu .. krn tercover tes darah dan usg ny kecuali tsh... tshny mhl... 300an... tp demi kesehatan ga pa2lah dr pd knp2 ... doain yah moga ga parah2 bgt dan cpt sembuh....

    ReplyDelete
  21. Aku udh 5 thn menderita hiperthyroid dari sblum nikah,awal2 minum thirozol dan propanolol,penderita hiperthiroid mmg bisa dikatakan sulit hamil tp alhamdulillah ank pertama ku kembar sepasang dan sehat dan skrg lg hamil anak kedua udh 7 bln.klo hamil konsumsi ptu 100mg aj dgn dosis terendah.efek hiperthiroid bisa ke gagal jantung klo tdk di obati.yg penting jgn stres ttp positif thinking aj.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalo tidak ada gangguan apapun terkait kehamilan. semoga segera sembuh :)

      Delete
    2. Mbak melahir kan cesar atau normal? Bbrp pengalaman org bhw penderita thiroid tidak boleh melahirkan secara normal, meskipun kadar hormon sudah menunjukan angka normal. Itu membuat aku sedih..

      Delete
    3. aku juga hipertiroid setelah melahirkan anak pertama kira2 2 tahun lalu. trus selama aq hipertiroid aq hamil anak kedua. alhamdulillah 7 bulan lalu sudah lahir dengan normal tanpa operasi. wktu mau melhirkan kira2 bukaan 4 lgsg diinduksi ma dokter biar bayi ny cpt keluar. Dokternya tkut klo lm2 nahan skt mlh jantungku dan bayinya bahaya.
      Insyaallah melahirkan normal tdk apa2 asalkan dokternya tau

      Delete
    4. Aku juga hipertiroid, awal2nya aku minum PTU ϑά̲ŋ propanolol, tp krna jantungku sudah tidak berdebar2 ℓaªԍi propanolol ku dignti oleh dokter dgn LACT.CALC 0,5g. aku sudah menikah ϑά̲ŋ sedang hamil 4 bln, Ɣªήğ aku takutkan ϑά̲ŋ sering baca ϑΐ google klo penderita hypertiroid sdng hamil dpt membahayakan kandungan ήӱα, krn stlah lahir bayi tersebut bisa cacat mental, berat badan bayi rendah, lahir prematur dll..
      Apakah itu benar ??
      Mohon info ήӱα , trima kasih :)

      Delete
    5. kalau dari bacaan di internet ibu yg menderita hipertiroid mempunyai resiko terhadap kehamilannya. namun demikian dari komentar dari teman2 di atas, walaupun sedang hipertiroid masih bisa melahirkan normal, ASAL sering konsultasi ke dokter dan mematuhi saran dari dokter.

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
  22. mas saya baru baca tentang tiroid ketika saya merasa terus mengalami penurunan fokus karena saya ingat ketika SD saya mampu mengingat sesuatu dengan cepat dan hanya waktu sekali, ketika SMP saya mengalami kenaikan berat badan, gangguan fokus dan sampai sekarang saya juga mengalami masalah yang sama yaitu sulit mengahapal, namun hanya daya tangkap yang saya andalkan untuk kuliah, saya baru membaca artikel ini di umur 23tahun, sedangakan saya mengalami gejala diatas sejak SMP atau 10tahun yang lalu, saya mohon minta alamat email/twitter agar saya bisa berkonsultasi masalah ini, mohan maaf sebelumnya, saya belum perikasa ke dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada baiknya langsung konsultasi ke dokter mbak :))
      saya tidak begitu paham sebenarnya, takutnya nanti salah. hehe

      Delete
  23. Apa yg anda rasakan sepertinya sama seperti yg saya alami tetapi saya belum pernah disarankan oleh dokter penyakit dalam untuk cek tiroid...pdhl hampir tiap 2 bulan sekali saya ke dokter tersebut...selama ini hanya diberikan obat propranolol dan obat penenang aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kenapa kok pakai obat penenang segala pak? :)

      lebih baik segera cek tiroid biar tau apa penyakit yang sebenarnya

      Delete
  24. Mas untuk propranolol bisakah ϑϊ minum bareng thyrozol? Sehabis makan khan? Atau ϑϊ ksh jeda waktu dl? Brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya bisa sekaligus. kalau saya minum 2x sehari. setelah makan pagi dan sebelum tidur, karena di mulut rasanya pahit sekali :)

      Delete
    2. Propranolol terpisah 3 x 1 sehari

      Kalo thyrozol 2x1 hari dimakan 2 sekaligus 10mgx 2 resep.dokter ya.. tidal disarankan tanpa resep.

      Delete
    3. Propranolol terpisah 3 x 1 sehari

      Kalo thyrozol 2x1 hari dimakan 2 sekaligus 10mgx 2 resep.dokter ya.. tidal disarankan tanpa resep.

      Delete
  25. Setahun yg lalu saya jg hipertiroid,gara" minum obat diet..
    Tp setelah minum obat rutin selama 5 bln tiroid saya normal,walau masih suka ada gejalanya sedikit,tp alhamdulillah gejalanya mulai berkurang setelah setahun,dan saya bisa hamil anak kedua lg..
    Memang benar kuncinya adalah doa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gejalanya muncul lagi, lebih baik cek tiroid atau konsul ke dokter. takutnya kambuh lagi penyakitnya karena penyembuhannya jangka panjang

      Delete
  26. mas saya mau tanya yang soal askes tadi, apa benar askesnya bisa diperpanjang?dan syaratnya apa saja mas? soalnya umur saya sudah 21 bulan november kemarin tapi saya msh kuliah ..trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok. mengenai syarat setahu saya membutuhkan surat keterangan dari kampus bahwa anda benar2 mahasiswa di kampus tersebut. jangan lupa membawa fotokopi KK, dan KTP anda

      Delete
  27. buat info teman2.. saya sejak januari 2013 ketahuan kena hipertiroid. padahal badan dah kurus bgt. trus dokter keluarga ngasih obat PTU. setelah saya ke dokter spesialis penyakit dalam. saya disarankan minum obat propanolol dan thirozol 2 X sehari selama 3 bulan.setalah dicek denyut jantung yang udah agak stabil. dosisnya diturunin jadi 1X sehari setelah cek darah lagi ternyata hipertiroidnya hilang tapi mlah jadinya hipotiroid. setelah itu akhirnya tetap minum obat tapi dosisnya dikurangin lagi jadi 2 hari sekali. sampai sebulan kemudian saya cek darah lagi. hasilnya dah eutiroid yang artinya darahnya dah normal...alhamdulillah...
    tapi ternyata tetap dianjurkan minum obat tapi g sesering dulu...
    yang buat saya bingung sekarang saya sedang hamil..dokternya nyaranin untuk ganti obat ptu.mudah2an janin di kandungan saya baik2 saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang mbak kalau hipertiroid dan dosis obatnya berlebih, itu malah bisa membuat jadi hipotiroid. makanya harus sering cek darah/konsul dokter. seenggaknya 3 bulan sekali

      Delete
    2. Saya juga bigung, awalnya hipertiroid tp kok sekarang jadi hipotiroid.. udh 6bln minum ptu, saya jadi setres mikirinnya

      Delete
  28. hallo....saya tadi pagi ke RS Bethesda karena akhir-akhir ini saya merasakan pusing yang berlebih dan keluar keringat dalam jumlah banyak dan nafsu makan saya menurun. Pas periksa tadi saya sekaligus konsultasi mengenai tubuh saya yang tremor setiap saat terutama telapak tangan dan jari-jari. Sebenarnya hal itu sudah berlangsung cukup lama sejak saya kecil. Dokter menyarankan saya untuk tes tiroid. Saya mohon saran sebaiknya saya melakukan tes di laboratorium mana? kmudian jika benar terjadi sesuatu (semoga saja tidak) saya harus merujuk ke dokter spesialis penyakit dalam mana yg kira-kira bagus? maturnuwun

    ReplyDelete
  29. Hai, saya maya dr surabaya, saya jg menderita hyperthiroid, puji Tuhan hanya dlm 8 bln saya sdh lepas obat, rahasianya:
    1. Tdk boleh berolahraga atau terlalu capek saat hormon msh blm normal
    2. Jgn mengkonsumsi kubis, selada dan seledri, selamanya.. krn bs memicu hor.on thiroid untuk memproduksi scr berlebihan
    3. Banyak banyak makan sirsat, usahakan jgn ditambahin gula, krn hsl bs lbh efektif, jd beli yg sdh matang agar tdk terlalu masam rasanya
    4. Dokter saya mengatakan tdk blh stress, senyum banyak banyak, tertawa minimal 3 kali sehari, jgn ketawa sendiri ya ntar dikira rada sedeng, wkwkwk..

    Selamat mencoba dan cepat sembuh kawan kawan semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba maya mau berbagi rahasianya. nanti akan sy coba. sy dyah dr bintaro skt hipertiroid jg. mba maya blh mnt almt emailnya, sy ingin tau lbh byk mengenai sharing mba maya, spy sy jg bs cpt sembuh. terima kasih sebelumnya. GBU

      Delete
    2. Mbak maya, saya juga dari surabaya, dan sedang mengalami hipertiroid. Bisa saya minta alamat email mbak maya untuk tanya2 pengalaman mbak maya? Tolong sekali dijawab ya, mbak. Terima kasih

      Delete
    3. Mbak saya juga curiga saya ada masalah dgn tiroid.. saya sering pusing2 spt habis turun dr kapal agak limbung dan mual.. teus kalau habis makan jantung berdebar2 kencang dan tangan gemetat atau tremor.. saya blm periksabke dokter atau labor. Tp dokter tht saya menayarankan tes tiroid.. kalau mbak spt apa pusing2 nya? Saya menderita sekali dan hampir2 ingin berhenti bekerja dan diam diruma tiduran saja krn lemas tiap saat.. tks

      Delete
    4. Terima kasih atas sarannya, Mbak Maya :)

      Delete
    5. Dear Mba Maya,
      Mba Maya Terimakasih banyak atas Sharringnya.
      informasi ini akan saya terapkan terhadap istri saya. semoga bisa cepat sembuh seperti mba maya

      Delete
  30. Saya nur umur22 thn. , saya di. Dianogsa hiper , pas kmren tesdarah lagii jadi hipo , apa kah bisa normal lagi , tiroid saya , saya udah 8 bulan minum ptu ma tyrozol sama proponorol,apa kah penyakit ini bisa sembuh , padahal saya kuliah di jurusan penjaskes , apa kah bisa mengikuti kegiatan fisik , lo jantungg masih berdebar cepat, apakah penyakit ini menyerang pernaffasan jjuga mohon infonya

    ReplyDelete
  31. ibu saya mau operasi gondok/kelenjar tiroid yg bengkak tu, tadi udah cek tiroid biaya Rp550.000; yang saya mau tanyakan kalau tiroidnya g normal berarti blm bisa operasi ya mas? trs kalau nunggu normal apa nanti harus cek ulang ke lab lagi?? trs klw di cek lagi blm normal harus cek berulang2 ya mas? biayanya mahal banget soalnya. ternyata mau operasi tiroid ribet banget. smoga aja stlh hasil ceknya keluar bisa langsung operasi amin..

    ReplyDelete
  32. Boleh ya berbagi ilmu, kalau pada hipertyroid insyallah bisa sembuh. Hanya saja kalau udah terjadi komplikasi serius itu yg bisa membahayakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber di atas berdasarkan literatur yang saya baca.
      Pada hypertyroid sering kali kita jumpai gejala yg khas sprti mata melotot , frekuensi jantung yg meningkat, tremor, keringat berlebihan, tidak tahan panas. Itu karna fungsi tyroid yg meningkatkan metabolisme sehingga menimbulkan gejala-gejala di atas.
      Pada hipo maupun hipertyroid bisa terjadi pembesaran kelenjar tyroid ( gondok)
      Namun pembesaran kelenjar tyroid itu paling sering d jumpai pada keadaan hipotyroid hal itu disebabkan karena kekurangan iodium.
      Pada wanita hamil yg mempunyai penyakit hipotyroid segera lah memeriksan dirinya ke dokter, karna keadaan dengan hipotyroid dapat mempengaruhi tumbuh kembang si janin
      Semoga bermanfaat yaa..

      Delete
  33. Saya menderita hipertyroid,apakah sakit kepala dan badan kram merupakan ciri hipertyroid karena sy sering skali mersakan sakit kepala ditambah dengan mata berat

    ReplyDelete
  34. Selamat siang,saya bingung ni..kemarin saya tes darah..hasilny TSH 2,5..T3 0,51..T4 4,95.. bagaimana hasilnya itu saya tidak tahu apakah positif tiroid atau tidak,dan juga jika positif,apakah tiroid saya itu tergolong ke hipoyiroid atau hipertiroid.dan perlu diketahui sekira 1jam sebelum saya melakukan pemeriksaan darah saya mengkonsumsi obat CATAFLAM karna pada saat itu gigi saya sakit,apakah onat itu berpengaruh kepada hasil tes saya itu,dan sejauh ini saya belum mencoba untuk onsultasi ataupun berobat ke dikter spesialia penyakit dalam..dan juga perlu diketahui terdapat benjolan sebesar telur bebek di leher saya agak ke kanan,dan saya sering sekali merasakan pegal2 di badan saya,malas untuk melakukan apa2,ngantuk,dan makan terlalu banyak tetapi berat badan saya segitu2 saja,dan terkadang berat badan saya bisa turun 4kg dalam 1hari,atau naik langsung 3kg dalam sehari,saya sering merasakankepanasan sekalipun di ruangan ber ac,mata saya tetapkabur meskipun saya memakai kacamata(karna memang saya pengguna kacamata sejak smp), tapi saya baru periksa mata dan ga ti lensa yang baru jadi sangat tidak mungkin jika kaburnya mata saya berpengaruh dari lensa kacamata tadi.apakah itu gejala2 tiroid?dan saya tambahkan juga,saya sangat susah tidur kqlau malam,baru bisa tidur saat pukul 4 dan 5 pagi,dan yang paling mengganghu adalah saya sangat susah fokus terhadap kegiatan apPun yang saya lakukan,daya ingat saya menurun drastis,saya bisa lupa dengan hal yang bahkan baru saya kerjakan dan hanya beberapa menit saja saya tinggalkan,tolong dibantu ya teman2 apakah itu gejala2 tiroid,sungguh sangat mengganggu pekerjaan saya sehari2 sebagai ibu rumahtangga karena badan saya selalu merasa lemas.

    ReplyDelete
  35. met malam ....saya mau tanya kenapa saya habis operasi kelenjar teroid malah saya gak bisa jalan . kaki buat jalan seperti tak ada tenga. bahkan berdiripun kadang kaki lemes. sudah 6 tahun aku gak bisa jalan. sedangkan saya sampai sekarang masih ke dokter special syarap. saya mau tanya sakit apa yang aku derita. terus obat apa buat bikin aku sembuh. sampai kehabisan biaya aku .yang aku lakukan hanya bsa menangis & berdo'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah..yg sabar ya mas\mbak...pdhl niat operasi utk dpt kesembuhan..tp malah diuji spt ini..semoga ALLAH mengangkat penyakit anda..amiin YRA..sy jg penderita hipertiroid sdh 10 tahun..kdg2minum ptu..pernah minum tyrozol..tirozol memang sangat cepat menurunkan tiroid menurit sy dibanding ptu..namun tdk boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui..semangat buat kita semua...

      Delete
  36. mas terus aku ganti sakit apa kok habis operasi malah gak bisa jalan. aku minta solusnya tentang ceritaku diatas. makacih

    ReplyDelete
  37. saya wanita, usia 24th. dulu sy mengidap hipertiroid semenjak smp (usia 14th) selama 5 tahun, gejalanya tremor, detaj jantung cepat, sering cemas, sulit konsentrasi, makan banyak tp bdn mengurus. sy minum PTU dg dosis 3x sehari menurun ke 1x sehari sesuai kadar hormon yg dipantau melalui cek darah. setelah kadarnya normal, sy operasi (tepatnya di usia 18th) masih disisakan 1 kelenjar tiroid sblh kanan karena kt dokter jgn diangkat semua. pasca oprasi sy hidup normal tnp minum obat, dan tanpa gejala2 yg sy rskan sprti dulu. Nahh ceritanya 5bln lalu sy menikah, smpai skrg blm dikaruniai anak, sy sering bertanya2 knp blm hamil pdhl menstruasi sy sgt normal, gaya hidup sehat, cm kerjaan aja yg sering menyita wktu dan pikiran smpai malem. tepatnya bulan lalu slma 1 bln sy sakit2an,berat bdnturun pdhl makan banyak, stelah menyadari itu sy lgsg cek darah utk hormon tiroid, ternyata tinggi lagi :( jadi kesimpulannya sy harus terapi obat lagi, dan kata dokter kalau ingin hamil harus normal dulu dan tetap dipantau selama kehamilan.. hmmm..perjuangan msh pjg. semoga pengalaman sy bs membantu rekan2 semuanya. (maaf koreksi diatas, sy mengidap hipertiroid sejak usia 13th)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, boleh minta alamat emailnya? Saya ingin tanya2, soalnya saya juga hipertiroid dan sedang menunggu waktu operasi. Tolong sekali dijawab. Terima kasih.

      Delete
    2. Sy kena hipertiroid 18 thn yg lalu wkt kls 3 SMA. Jd kalo kata dokter sy obatny tiroid ya obat alias hrs mnm obat sepanjang hidup selama penyakit ITU msh diderita krn dioperasi pun kelenjar tiroid ga boleh dibuang semuany krn kelenjar tiroid ttp dibutuhkan oleh tubuh kita jd sering Kali sy jumpai org yg udh dioperasi ampe bebrrapa Kali tp leherny ttp membesar stlh beberapa then kemudian

      Delete
  38. Sekedar sharing, perkenalkan, saya seorang ibu, pernah menderita tyroid tiga tahun lalu, saat berusia 43 th. Tumor itu sebesar telur ayam di leher bagian tengah. Badan saya memang jadi langsing karena turun 10 kg, padahal saya makan tetep dengan porsi besar. Oleh dokter diberi obat yang harus diminum selama 6 bulan berturut-turut, tapi baru 2 hari minum, saya sudah tak kuat, karena saya sangat jarang minum obat. Terus oleh dokter disuruh suntik nuklir, itu jg tidak saya lakukan. Kemudian saya mencoba minum buah pinang yang direbus dengan dibelah 2 terlebih dahulu,cuma kuat dua kali minum, sepet. Alhamdulillah saya sebagai umat Islam, memperbanyak shalat tahajud, puasa sunnah, banyak berdzikir, yakin Alloh Maha Penyembuh. Dan saya pernah baca dari sebuah sumber, konon, bangun sepertiga malam untuk melakukan shalat sunnah itu bisa mencegah berbagai bibit penyakit yang bisa menyerang kita, salah satunya yang bisa dihindarkan itu adalah penyakit kanker. Subhanalloh!!!! tyroid saya Alhamdulillah hilang langsung dalam waktu 1 bulan...

    ReplyDelete
  39. Salam,
    Ikut nimbrung ya Mas. Aku Obet. Aku ada info nih. Ada nutrisi (bukan obat) dari Malaysia. Namanya RxPhoton. Nutrisi ini bisa mengatasi Hiper - Teroid, stroke, diabetes, sakit persendian dan beberapa gangguan lain. Saya dah coba untuk kakak saya yg diabetes dan ternyata mmg ampuh. Gak sampai dua minggu gula darahnya yang semula di atas 300 bisa turun ke angka 200. Nah, kalau mbak-mbak dan Mas mungkin mau coba untuk teroidnya, silahkan aja invite ke &D783671 atau SMS ke 0882 1053 3009.

    Moga manfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga obatnyha berapa Mas, n benaran terbukti ga? teman saya juga kena hypertiroid. thx

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. tgl 28 mei 2014 kmarin ibu saya menjalani operasi pembedahan tiroid, pasca operasi 4 hari dirawat lalu diizinkanpulang, 2 minggu pertama ibu saya terlihat membaik , jaitan operasinya pun sudah dilepas dan smakin kering lukanya, tp kondisi itu hanya bertahan sekitar 2 minggu saja, memasuki minggu ke - 3 , tiba2 ibu saya mulai mengeluh sakit pada bagian leher sampai kebahu kirinya.. pada jarem kl orang jawa bilang, kaku dan kian hari makin parah hingga utk duduk saja tdk mampu apalagi berdiri, hampir setiap hari ibu saya menangis menahan rasa sakit, dia bilang ada urat yg agak timbul dan agak keras itu yg sakit., malahan katanya dada kiri sampai bahu kiri terasa perih seperti ada luka pdhal tidak luka, rasa sakit itu terasa pd bagian gigi kiri saat mengunyah, tengkuk leher kiri, dada sampai bahu kiri.. sampai saat ini ibu saya hnya bs berbaring ditempat tidur , bs 5 menit duduk atau berdiri saja udah alhamdulilah , Apakah bapak/ibu ada jg yg mengalami kondisi seperti ibu saya setelah operasi pembedahan? saya mohon bgt bantuan atas infonya dan trimakasih banyak sebelumnya...

    ReplyDelete
  42. Sepertinya saya juga mengalaminya. Badan saya sangat kurus hingga pergelangan tangan saya seperti pergelangan tangan perempuan. Kegiatan akademik saya menjadi menurun dan sering lupa mau melakukan apa. Saya juga seringkali tidak menghafal nama orang. Karena menurut saya itu sesusah seperti mengepel lantai, padahal kenyataannya tidak begitu. Saya mudah capek tetapi sering begadang karena menurut saya malam hari saya sangat pas untuk menonton atau internetan untuk menghilangkan kebosanan saya, dan akhirnya siangnya pun lebih capek lagi hingga mulut saya sering menguap. Mata saya mengabur hingga saya harus memakai kacamata minus 2.5. Kulit muka saya pucat, kepala sering terasa panas tapi tidak merasa sakit, dan jantung berdebar kuat. Mungkin itu semua efek dari gejala hypertiroid atau faktor lainnya.
    Saya hanya bisa pasrah karena keluarga dan teman saya selalu salah sangka. Ada yang bilang asma, anemia, dan bahkan sakit mag di katakan oleh seorang dokter.
    Terpaksa saya harus berusaha sendiri untuk mengobatinya sendiri dengan berbagai cara yang saya dapatkan di internet. Maaf apabila terlalu panjang, saya hanya ingin berbagi pengalaman yang saya derita yang berhubungan dengan hypertiroid ini. Apa saya benar Hypertiroid?

    ReplyDelete
  43. saya sudah 3 tahun kenatyroid dan sampai sekarang masih minum obat,alhamdulillah sekarang hormon tyroid saya udah normal tp sekali 3 bulan saya masih kontrol ke dokter......walaupun hormon tyroid saya udah normal tapi mata saya masih membesar,saya mau tanya obat aoa yang harus saya minum supaya mata saya bisa normal lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam gan suatu artikel yang sangat bermanfaat
      siang gan salam sehat dari kami Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya bisa mengancam nyawa
      jika anda menderita penyakit tersebut maka kami sarankan untuk di obati dengan jelly gamat gold g, yaitu obat herbal terbaik atasi penyakit anda sampai tuntas bagi anda yang berminat caranya dengan via sms yaitu dengan mengikuti format seperti berikut pelyanan dengan SISTEM KIRIM BARANG DULU :
      Ketik GAN : Jumlah Pesanan: Nama : Alamat : No.HP/Telp anda

      kirim ke 081.220.617.666

      Contoh

      GAN : 4 Botol : Dista Anggara : Jln Rajawali Citra No 08 Jakarta Barat : 087767811xxx

      Kirim ke 081.220.617.666

      http://bit.ly/1m4yeAP
      http://bit.ly/1sGPwob

      Delete
  44. salam gan suatu artikel yang sangat bermanfaat
    siang gan salam sehat dari kami Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya bisa mengancam nyawa
    jika anda menderita penyakit tersebut maka kami sarankan untuk di obati dengan jelly gamat gold g, yaitu obat herbal terbaik atasi penyakit anda sampai tuntas bagi anda yang berminat caranya dengan via sms yaitu dengan mengikuti format seperti berikut pelyanan dengan SISTEM KIRIM BARANG DULU :
    Ketik GAN : Jumlah Pesanan: Nama : Alamat : No.HP/Telp anda

    kirim ke 081.220.617.666

    Contoh

    GAN : 4 Botol : Dista Anggara : Jln Rajawali Citra No 08 Jakarta Barat : 087767811xxx

    Kirim ke 081.220.617.666

    http://bit.ly/1m4yeAP
    http://bit.ly/1sGPwob

    ReplyDelete
  45. saya hiperthyroid 14 tahun, sampai sekarang belum remisi....

    ReplyDelete
  46. Permisi saya mengalami penyeakit tangan gemetar.. saya biarkan.. barusan saya cek ke dokter karena saya ikut bpjs..
    Pas d cek d tanyai mudah lelah dl dan itu memang saya alami..
    Kata dokternya kemungkinan tiroid.. nanti tes lap..
    Begitu saya nunggu saya d kasi sama susternya obat tp g pakek tes..
    Tadi susternya bingung tes gaknya tp akhirnya saya d suru minum obatnya aja dulu nanti kalau masi baru balik buat tes..
    Saya d kasi obat
    Lanabal
    Hexymer
    Propanol 10
    Nah apa gpp itu obat saya minum..
    Saya kan belum cek lab apa bner sakit saya sakit tiroid
    Sebaiknya gmn ya

    ReplyDelete
  47. Saya ibu rmh tangga 32 th divonis hypertheroid udah 8 th dulu saya konsultasi ke dokter pykt dalam tp akhirnya hanya bertahan 2 bln akhirnya saya berhenti sendiri----krn saya merass bosan minum obat, dan badan saya merasa baek2 aja jd saya pikir saya sudah sembuh--2 th kmdn saya hamil anak kedua tp meninggal krn lahir prematur. Kira 3 th kmdn aku hamil anak ketiga dan alhamdulillah sehat....kira2 6 bln yg lalu saya hamil anak ke4 tp keguguran.....Setelah saya kuret badan saya mulai ngerasa nggak sehat.....Akhirnya saya kedokter penyakit dalam lagi dan divonis hypertheroid skrg baru kira2 15 hari minum thyrozol 10 mg 2× sehari.....muga2 sht..KRN saa takut dioperasi...

    ReplyDelete
  48. Ass.bgmn kabar mas sekarang setelah menjalani pengobatan apa sdh ada perubahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sempat normal-hiper-normal-hiper-normal lagi. Terakhir cek darah malah menjadi hipotiroid. Sekarang masih mengonsumsi thyrax secara rutin sehari sekali dengan dosis yang paling rendah. Namun keluhan lelah dan mudah mengantuk sudah tidak separah dulu. Badan sudah bisa dibuat bekerja keras lagi :)
      Selain minum thyrax saya tambah dengan pil ekstrak kulit manggis, daun sirsat dan propolis. Ada wacana utk mengonsumsi buah ciplukan dan benalu teh

      Delete
    2. Bagaimana dengan keadaan mata mas yang kabur apakah sudah baikan

      Delete
  49. Saya jg penderita hiperthiroid tahun ke 4, uda ganti dokter sampe 3 kali , tapi belum ada perubahan, ada benjolan di leher , dada sering berdebar , selalu berkeringat , BB pernah turun sampai 10 kg , lalu naik 15 kg , lalu turun lagi 10 kg , pokoknya ga enak banget . Dokter 1 memberikan saya thyrozol dan propanorol , akhirnya saya cek EKG hasilnya normal , saya pindah dokter ke dokter ke 2 , dia menghilangkan propanorol dari menu sehari2 saya , dan hanya memberikan saya thyrozol , setelah tidak ada perubahan dari dokter pertama dan kedua , saya ganti dokter lagi ke dokter ketiga, beliau hanya memberikan thyrozol pada menu saya , 1 kali sehari , sampai sekarang . Tetapi semua itu tidak ada perubahan , kadang leher saya terasa membengkak, dan terkadang leher saya terasa normal, atau datar. Saya sedikit bingung dan capek berobat. Semua dokter saya , mengatakan minimal minum obat 3 tahun , tapi saya sudah hampir 4 tahun meminum thyrozol dan tidai ada perubahan. Dokter hanya menganjurkan meminum obat saja , tidak ada yg menganjurkan untuk menggunakan radioaktif ataupun oprasi pengangkatan kelenjar thyroid karena umur saya baru 19 tahun ketika divonis hiperthyroid. Katanya kalau kelenjar thyroid saya diangkat , saya diharuskan meminum obat entah apa namanya selama seumur hidup saya, dan saya tidak menginginkan itu , apalagi katanya jika diangkat dan tidak mengkonsumsi obat tersebut maka akan ada gangguan kejiwaan , entahlah , saya jg tidak mengerti. Saya bingung , sepertinya saya ingin menyerah saja, saya sudah bosan meminum obat tersebut, hhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menyerah dengan penyakit ini Mbak karena efek samping dari penyakit ini adalah depresi. Kita harus bisa mengelola depresi dan rasa sedih tersebut.
      Jangan ragu untuk mencoba pengobatan alternatif lain seperti mengkonsumsi ekstrak kulit manggis, buah ciplukan, propolis, dll

      Delete
  50. tips untuk hyperthroid
    1. cek nadi saat pagi hari apabila diatas 80 minum PTU
    apabila masih tetap diatas 80 tingkatkan dosis
    2. jangan sampai over dosis ,karena kolesterol akan meningkat
    , ganguan gula darah.
    3. diet
    4. hormon t3 dan t4 berfluktuatif setiap hari, penting untuk mengubah dosis PTU harian.
    dosis menggunakan data denyut nadi
    sehingga tidak perlu cek darah

    ReplyDelete
  51. Saya penderita hypertiroid yg sudah melakukan ablasi (pengobatan radioaktif) kira-kira sudah 6 tahunan. secara umum kondisi menjadi lebih baik, berat badan naik. vonis dokter memang harus minum hormon tyroid (tyrax) seumur hidup dan tetap rutin cek utk mengetahui dosis yg pas. harga obat lebih murah dibanding obat utk hypertiorid. Bila tidak minum obat biasanya susah utk BAB, ngantuk & berat badan nambah.
    Bagi wanita yg blm menikah atau blm punya anak, saya sarankan sblm memutuskan tindakan ablasi, konsultasi dulu dgn dokter kandungan, karena menurut dokter kandungan utk kehamilan lebih aman kondisi hyper daripada hypo.
    Sekarang, dah 2 minggu ini tanpa obat, kondisi umum nyaman, tdk mudah capek & BAB lancar. Ini masih nunggu hasil lab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jugab menderita hipertiroid sejak 2009 sampai sekarang. Rutin minum PTU setiap hari dan alhamdulilaah kadar tiroid normal. Mulai kemarin PTU dihentikan untuk memastikan tindakan ke depan. Jika ada kenaikan lagi, bisa lanjut minum obat, ablasi atau operasi. Pada sat menentukan ablasi, apa yang harus dieprtimbangkan?

      Delete
    2. Setahu saya konsumsi obat tidak bisa kemudian dihentikan begitu saja apabila kadar hormon sudah normal, melainkan dengan cara sedikit demi sedikit menurunkan kadar obat.
      Saya pribadi sebisa mungkin utk tidak menempuh jalur ablasi ataupun operasi pengangkatan karena malah akan berisiko menjadi hipotiroid untuk selamanya.

      Delete
  52. apa betuk axemaks atau propolish bisa menyembuhkan hypertyroid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hypertiroid bukan penyakit yang bisa sembuh secara cepat. Acemax (kulit manggis), propolis, dll adalah beberapa "suplemen" yg bisa membantu penyembuhan selain obat medis. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi tersebut

      Delete
    2. saya juga ikhtiar untuk sembuh dari hipertiroid dengan produk Moment Teragen (maaf bukan promosi, tapi kalau mau beli juga boleh, hahah) dan Brazilian Propolis dari Moment. karena sebenarnya saya juga khawatir dengan ginjal saya kalau terus2an minum PTU.

      jika ingin berdiskusi boleh add PIN BB saya : 7D2300A8

      Delete
  53. salam kenal pemirsa hehe ijin gabung ya
    saya wanita dan sudah 5tahun menderita hipertiroid
    saya mengetahui saya hipertiroid sudah terlambat. saya penuaan dini. mood-swing karena emosi yg labil. indung telur saya keracunan. mata mencuat melebihi tulang pipi. berat saya turun 20kg... saya kehilangan di usia yang masih muda.
    begitu berobat dokter menyarankan pake generik PTU dan propanolol. tapi kemudian propanolol diganti dengan bisoprolol (biasanya warna kuning) karena efek-nya lebih soft ke badan. dijual per blister +/- 20rb isi 10an dan tidak generik. diminum sore hari biar malam jantung gak berdebar shg gak bikin insomnia jg
    saya minum obat rutin 2.5 tahun. sekarang hampir tidak pernah lagi. Alhamdulillah. coba kurangi dosis obat perlahan2. yang asalnya 3x sehari, jadi 2x sehari, jadi 1x sehari, 2hari sekali dst. sampai sebulan sekali dan tidak sama sekali. yang perlu diingat adalah jangan berhenti minum obat tahunan seperti itu secara mendadak karena akan menimbulkan 'efek putus obat' yang menyakitkan.
    selingi hari2 ketika tidak minum obat dengan minum air rebusan ciplukan/cecenet/latuik-latuik/Physalis peruviana=tanaman yang buah-nya seperti lampion. rebus seluruh bagian tanaman daun+batang+akar+buah+bunga+semuanya. minum sehari dua kali kalau kuat. rasanya setara sambiloto.
    sepengetahuan saya sebisa mungkin kelenjar tiroid-nya jangan diangkat. alih-alih sembuh, pemirsa malah sudah bisa dipastikan akan minum obat setiap hari seumur hidup. kenapa harus setiap hari? karena obat itu utk menggantikan tiroid yg hilang, dan bila tidak diminum secara teratur kemungkinan besar tubuh akan mengalami berbagai demensia (kemunduran) misal kemunduran mental.
    kalaupun kelenjar diangkat karena sudah sangat bengkak atau bisa disebut kanker, tidak ada jaminan bahwa kanker tsb akan bersih total.
    dan akhirnya..hipertiroid bukan penyakit yang bisa datang-minum obat-sembuh. tapi penyakit yang kita harus bisa kompromi. ibaratnya hipertiroid itu adalah kekasih yang paling tidak ingin kita temui. akan selalu ada, namun bisa dihindari (untuk tidak kambuh lagi). keep spirit! ^_^ get along with hypertiroidism

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah bisa berhenti minum obat dan bisa sembuh. Pengobatan alternatifnya mantap sekali. Bisa dicoba :)

      Delete
  54. Untuk subklinis hipertiroid ada pantangan makanan gak ya?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga penderita Hipertiroid, sudah hampir 6 bulan menkonsumsi PTU. Dari pengalaman saya, mengkonsumsi ikan laut akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Ini berdasarkan beberapa pengalaman yang saya alami setelah menkonsumsi ikan laut. Kemungkinan "kadar yodium" dari ikan laut menjadikan tiroid menjadi naik/lebih aktif.oleh sebab itu, selama proses pengobatan ini saya lebih menghindari ikan laut. Terima kasih

      Delete
  55. kalau aku kelebihan yodium hipertyroid..pantang makanannya apa ya..dan apa yg hrs di konsumsi..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga penderita Hipertiroid, sudah hampir 6 bulan menkonsumsi PTU. Dari pengalaman saya, mengkonsumsi ikan laut akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Ini berdasarkan beberapa pengalaman yang saya alami setelah menkonsumsi ikan laut. Kemungkinan "kadar yodium" dari ikan laut menjadikan tiroid menjadi naik/lebih aktif.oleh sebab itu, selama proses pengobatan ini saya lebih menghindari ikan laut. Terima kasih

      Delete
  56. Mau tanya benjolan yg di leher itu keras apa empuk..krn saya punya kerass.. dokter bilang aneh..dan gak seperti biasanya..Kalian yg punya benjolan gimana..? di pencet sakit gak..? trus apa membesar dalam waktu yg cepat atau gimana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. empuk mba, kalo contoh yang keras seperti tulang. saya penderita hipertiroid dari th 2006 sampai sekarang (semalam baru ambil hasil lab, sudah normal, tapi masih ada gejala yang saya rasakan). kalo dipencet tidak sakit. kalo ditekan kaya mau muntah mba. dr 2006 sampai sekarang punya saya segitu2 aja mba, tidak membesar. tp memang ada kasus yang membesar mba lama-kelamaan.

      ami.

      Delete
  57. Assalamualaikum.. saya juga penderita hipertiroid, umur saya 21 tahun. Baru menjalani pengobatan 1 minggu. Ingin sharing dengan mbak dan mas disini.. saya takut sekali dg ini..

    ReplyDelete
  58. Assalamualaikum.. saya juga penderita hipertiroid, umur saya 21 tahun. Baru menjalani pengobatan 1 minggu. Ingin sharing dengan mbak dan mas disini.. saya takut sekali dg ini..

    ReplyDelete
  59. apakah penyakit hyperteroid ini bisa disembuhkan, dan tidak sampai minum obat seumur hidup? karna berat badan saya semakin turun sampa 37 setelah minum vitamin naik jadi 48 tp takut ketergantungan jadi saya cb berenti tp malah berat badan jadi menyusut lagi.. saya tau penyakit ini dari kelas 2 SMA dan saya sekarang sudah masuk kuliah..tolong respon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba boleh minta kontaknya untuk sharing?

      Delete
    2. Mba boleh minta kontaknya untuk sharing?

      Delete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Mo Sharing juga niy, Saya terdeteksi kena hipetiroid 2 bulan lalu...umur saya 40 th..setelah minum obat TPU selama 2 bulan lalu badan terasa enak lalu saya berentikan minum obatnya...tetapi minggu lalu gejala2 datang lagi...berkeringat, cepat lapar, sessak nafas, seperti ada yg menggajal di tenggorokan,..mohon infonya bagaimana bisa sembuh total..

    ReplyDelete
  62. Assalamualaikum.
    Salam kenal semuanya... saya jg sama mempunyai benjolan d leher, hasil t4 t3 dll semua normal, saya sudah 3x cek lab dan hasilnya selalu normal. Tapi benjolan ini masih saja ada. Karena aktifitas saya yg aktif, saya pilih untuk operasi. besok tgl 9 saya mau operasi. Mohon doa nya ya semoga semuanya lancar. Oh iya, saya mau sharing juga, untuk yang belum lama menderita tiroid, bisa juga mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. 😃

    ReplyDelete
  63. Saya di vonis tiroid dari bulan maret 2915,l dan sudah mengkonsumsi ptu dan propanorol sampe saat ini,yang mau saya tanyakan dr teman2 yg sependerita apakah kalu tidak rutin mengkonsumsi obat dapat mengakibatkan kelumpuhan sementara,seperti kaki lemas tidak bisa di gerakan sama sekali dan persenidan sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba minum jelly gamat gold G, utk mengurangi nyeri sendi. Sy jg penderita hipertiroid kata dokter, baru seminggu ini, awalnya gula darah sering drop, mudah lelah, pegal2 pd tangan kaki punggung, pandangan agak gmn gtu klo buat liat, jantung kandang berdebar-debar, kadang normal. Skrg lg minum ptu & propanolol sama jelly gamat gold g. Suruh dokter cm test FT4 aja hslnya normal. Baru cek lg mggu bsk. Mohon doanya moga gpp & cpet sembuh utk kita smua. Aamiin.

      Delete
  64. Saya ingin bertanya gejala nya apa saja? Apakah kepala sering pusing juga termasuk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Salah satu nya. Tp msh byk gejalanya. Utk lbh baik nya ke dokter aja.

      Delete
  65. Saya hipertiroid sejak 6 bulan lalu, tp kemarin tgl 16 nov saya cek lab, mengapa jadi hipotiroid.. saya bugung dan setres, soalnya sekarang ada benjolan di leher..

    ReplyDelete
  66. Saya berusia 33thn... 3 minggu lalu di vonis terkena hipertiroid graves disease...skr sy mengkonsumsi PTU saja 3x sehari krn sy sedang menyusui bayi saya yg berumur 10 bln...saya blm merasakan efek kesembuhan, jd masih merasa cepet cape trs...

    -dina-

    ReplyDelete
  67. Saya pelajar berusia 20 thn. Saya sudah 5 thn terkena hipertiroid. Dulunya saya divonis kalo jantung saya bocor. Pada saat itu saya langsung melakukan ecokardiograf. Ternyta ga ada masalah apapun dg jantungku. Beberapa bulan kemudian diketahui bahwa saya menderita hipertiroid.Berat badanku langsung turun 6 kg, cepat lelah, keringat dingin, gemetar,kejang otot, bawaannya lapar dan sering banget pingsan. Selama ini saya sudah konsumsi PTU, Thyrozol dan propanolol. 4 bulan lalu saya dinyatakan sembuh oleh dokter. Tapi 2 bulan kemudian hipertiroidku kambuh lagi. Saya berusaha berobat di Yogyakarta yang deket kampus, tapi biayanya mahal untuk cek darah 450.000 belum dokter dan obatnya. yang saya takutkan jika saya ga bisa lepas obat.. saya hanya bisa berusaha dan pasrah kepada Alloh SWT. pesan saya untuk temen2 "jaga baik2 kesehatan kalian".


    s





    ReplyDelete
  68. Saya pelajar berusia 20 thn. Saya sudah 5 thn terkena hipertiroid. Dulunya saya divonis kalo jantung saya bocor. Pada saat itu saya langsung melakukan ecokardiograf. Ternyta ga ada masalah apapun dg jantungku. Beberapa bulan kemudian diketahui bahwa saya menderita hipertiroid.Berat badanku langsung turun 6 kg, cepat lelah, keringat dingin, gemetar,kejang otot, bawaannya lapar dan sering banget pingsan. Selama ini saya sudah konsumsi PTU, Thyrozol dan propanolol. 4 bulan lalu saya dinyatakan sembuh oleh dokter. Tapi 2 bulan kemudian hipertiroidku kambuh lagi. Saya berusaha berobat di Yogyakarta yang deket kampus, tapi biayanya mahal untuk cek darah 450.000 belum dokter dan obatnya. yang saya takutkan jika saya ga bisa lepas obat.. saya hanya bisa berusaha dan pasrah kepada Alloh SWT. pesan saya untuk temen2 "jaga baik2 kesehatan kalian".


    s





    ReplyDelete
  69. Saya juga kena hipertiroid,baru sekitar 1 mingguan. awalnya jantung saya berdebar tengah malam saya dibawa ke IGD, di igd hanya kurang tidur saja kata dokter jaga. Terus saya lanjut besok nya konsul ke dokter spesialis penyakit dalam saya disuruh cek darah T4 saya tinggi, saya dikasih obat thyrozol vitamin dan penguat otot jantung.sampai skrg badan terasa lemas, jantung sering berdebar kalau berjalan, olahraga distop dulu karena tidak kuat shalat pun kadang duduk karena tidak kuat lama berdiri. Kita berpikir positif saja jgn sampai stres karena tiroid ini bikin pikiran stres jg. Yg ptng selalu berdoa dan rajin minum obat dan makanan yg sehat. Semoga kita semua lekas sembuh. AMIN

    ReplyDelete
  70. Sharing ya, saya sudah divonis hiperthyroid 16 Bln yang lalu, sampai hari ini saya masih konsumsi PTU propanolol juga, waktu itu tyhroid saya sudah hampir sembuh hasil lab bagus tapi saya nakal obatnya ngga teratur di minum kemudian 2 minggu belakangan saya kecapean olah raga berat. Skrg malah rasanya semakin sakit di area leher bagian atas spt ada yg mencekik ..

    Saran buat yg baru2 kena thyroid sebaiknya jgn makan seafood dan terlalu banyak msg kemudian teratur lah minum obat, sebisa mungkin hindari stress dab jaga kondisi agar tidak kecapean ..

    Mudah2an kita semua diberi kesembuhan oleh Allah SWT .. Selamat berjuang

    ReplyDelete
  71. Terima kasih info dan sharing nya. Saat ini sy di vonis kena hipertiroid.

    ReplyDelete
  72. sdh hampir 4 thn sy mengalami gangguan tyroid, awalnya leher terasa panas dan merah kemudian besoknya tiba-tiba saja ada bengkak di leher kanan, tidak terasa sakit, dan benjolannya ikut gerakan menelan. dokter penyakit dalam di USG dan menjelaskan panjang lebar ttg tyroid dan kemungkinannya, diresepkan tyrax untuk 2 bln tapi tidak ada perubahan dan leher terasa tegang jg semakin membengkak. kemudian ke dokter endokrinologi, biopsi hasilnya nodul adenomatosa diresepkan euthyrox, cairan lugol, dan vitamin untuk 2 bln, setelahnya masih dengan resep yang sama dosisnya saja yang diganti-ganti setiap 2 bln. Leher tidak tegang dan tidak bertambah bengkak, berat badan mulai naik tapi tidak ada perubahan. Kemudian ganti dokter lagi yang lebih senior, di USG lagi tapi katanya harusnya periksa darah dulu baru biopsi. hasil periksa darah normal, sarannya dibiopsi lagi dan akan dioperasi. Tapi pengobatan tidak sy lanjutkan karena dokternya bikin down, katanya biar sekarung minum obat juga tidak akan sembuh dan sy putuskan menghentikan obat kimia. Secara fisik tdk tampak sakit tapi mudah lelah, emosi, kadang sedih,akhirnya sy berhenti kerja dan sedang berusaha berobat herbal. hampir 2 thn ini tiap hari minum ramuan apa saja dan jus sayur/buah. Pernah terasa benjolannya membesar, skrg sudah agak baikan lagi. yang terasa cocok buat saya rebusan daun sirsak, teh mahkota dewa, kapsul mengkudu, rebusan ciplukan.. tapi sy tdk minum bersamaan satu per satu sdh di coba saking banyaknya sy minum apa yang ada saja daun kumis kucing depan rumah pun jadi asal kan obat sy minum gak ada bedanya dulu tiap hari juga minum obat kimia. Dokter ku yg pertama menyarankan untuk dibiopsi tiap-tiap 5 thn, 10 thn sekali, untuk memantau berbahaya ata tidak karena diagnosanya tyroidnya tumor jinak. Ok, semoga kita semua di beri kesehatan^^

    ReplyDelete
  73. Assalamu 'alaikum ...
    Mas ars, sy jg pnderita hipertiroid,sy taunya bln sptember 2015,pas ada benjolan di Leher,tp msh kecil blm trllu terlihat.dgn gejala mata menonjol sebelah kiri,kdg kram di leher,kaki,, penglihatan kabur, jantung berdegup kencang. Sy lgsg ke dokter umum,trs di vonis gondok beracun,di kasih obat ptu n propranolol,stlh 2 bulanan,sy kntrol lg,di cek denyut jntung normal tp benjolannya tambah membesar,stlh itu di rujuk ke dokter pnyakit dalam. Di sana di sruh cek darah n hormon. Sy lupa hasilnya brp,cm mmg tinggi sekali,jauh dr normal. Trs di ksih resep ptu n propranolol lg utk 1 bln. Stlh 3 bln minum obat, aq liat benjolan di leher malah melebar ke samping, jd takut bgt,stres. Trs aq berhenti mnum obat,krna ga ada efeknya,mlah tmbah parah. Ini dtak jntung mlai ga normal lg, Terasa kenceng bgt,smlem priksa ke dokter 113/menit.
    Apa ada alternatif lain slain mnum obat,yg bisa menormalkan detak jntung n buat benjolan kempes ?

    ReplyDelete
  74. Maaf saya mau tanya.. Orang tua saya di vonis hipertiroid oleh dokter.
    Saat ini kondisinya sudah mulai baik sedikit. Saya mau tanya apakah hipertiroid juga bisa menyebabkan susah BAB dan kaki seperti kebas dan terasa berat. Kakinya juga terlihat agak putih.. Orang tua saya menderita hipertiroid karna terlalu banyak mengkonsumsi obat metilpredinsolone.

    ReplyDelete
  75. Maaf saya mau tanya.. Orang tua saya di vonis hipertiroid oleh dokter.
    Saat ini kondisinya sudah mulai baik sedikit. Saya mau tanya apakah hipertiroid juga bisa menyebabkan susah BAB dan kaki seperti kebas dan terasa berat. Kakinya juga terlihat agak putih.. Orang tua saya menderita hipertiroid karna terlalu banyak mengkonsumsi obat metilpredinsolone.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada baiknya tanya ke dokter lain mas, mnt second opinion.. jgn percaya dengan 1 dokter aja.. biasanya sih klo hipertiroid BABnya malah lbh sering dr biasanya... tp paling penting tes lab cek FreeT4 dan TSH biasanya.. tp balik lagi monggo konsultasi ke dokter lainnya dl...

      Delete
  76. Malam teman2 smua, sy sdh 1mggu ini didiagnosa dokter hipertiroid, tp FT4 normal, gejala awal gula darah sering drop, badan lemas, tangan kaki punggung pegal2 semua, buat ngeliat rasanya kurang nyaman, jantung kadang berdebar2. Yg mmbuat sy tdk bs beraktifitas yaitu bdn lemas & pegal2 smua. Kira2 kondisi sperti ini berlangsung brp lama ya smpe tmn2 bisa enak lg bdnnya?
    Sharing yuk buat grup bbm, pin sy : 7E6C466C

    ReplyDelete
  77. Bulan 9 tahun 2015 kmrn saya cek darah T4,T3 dan Tsh dan hasilnya normal. Kemudian udah USG dan biopsi hasilnya colloid goiter 1,2 cm dan jinak. Sampai skrg saya konsumsi obat euthirox 100 mg. Tapi tidak ada sama skali pengecilan. Saya takut jika mengkonsumsi obat trlalu lama karna saya perempuan dan belum nikah. Minta sarannya dong kakak-kakak....

    ReplyDelete
  78. sepertinya saya juga harus cek tiroid setelah membaca artikel dan komen2 ini. dulu ibu saya jga penderita gondok tpi percaya tdk percaya, gondoknya itu udah 90% hilang TANPA OPERASI ATAUPUN MINUM OBAT KAMPUNG! anda tahu minum apa, "AIR SENI". yup, 2 tahun terapi minum air seni alhasil gondok ibu saya langsung kempes!! napas jadi teratur, mata gak melotot lagi. dokter sendiri jadi terheran2 liat perubahan ibu sya. padahal ibu saya udah divonis gak bakalan lama lagi umurnya krn gondok yg ia derita udah kelewat ganas katanya ampe menjalar ke paru.

    ReplyDelete
  79. Saya jga penseeita teroid,Mbak mbak bisa bagi2,,,biar.lebih enak.sharing2nya.mkse

    ReplyDelete
  80. Pak saya mau bertanya sayapun penderita hypertiroid nah saya sudah hampir 9 bulanan mengkonsumsi thyrozol 10 mg dan propanolol darisemenjak saya sakit badan saya kecil tapi setelah mengkonsumsi obat itu badan saya jadi naik drastis yang tadinya 50an naik jadi 68 saya setrrs ga kepalang saya tanya sama dokter itu pengaruh dari thyrozol 10mg saya takut pengobatan sayakan sampe 1 thn nanti di cek darah apakah bisa kita melakukan diet sambil mengkonsumsi obat thyrozol? Atau bisa ga minum obat pelangsing meskipun saya masih mengkonsumsi thyrozol? Mohon di jawab pa kareasaya takut sama gemuk :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga seperti itu ka dulu bb saya 42 dan naik menjadi 55kg waktu saya mengkonsumsi obat propanolol sama thyrozol 5mg tapi waktu itu saya ganti obat hanya 20hari itu euthyrox tapi bb saya malah turun lg dan skrg saya hanya mengkonsumsi thyroxol aja. Sebenernya ada efek sampingnya gak obat thyroxol ini buat tubuh? Sharing ya😊

      Delete
    2. Thyrozol g bikin gemuk sebenarnya. Kita sudah terbiasa makan banyak tp tetap kurus krn hipertiroid.. Hipertiroid juga bukan karena bakteri, tapi hormon tiroid yang g balance dlm tubuh krn trigger tertentu pd masing2 org. thyrozol untuk menstabilkan hormon tiroid itu spy kembali balance. Kalau memang kita jd gemuk berarti pengobatan sdh ada efek positifnya, tp kita sendiri harus ngerem makan. g perlu diet ekstrim, hanya kurangi porsi saja n perbanyak makan makanan sehat, sayur & buah.

      Delete
  81. Untuk euthyrox saya kurang tau ka soalnya kata dokter untuk thyrozol itu bagus dan cepat untuk pengobatan thyrozol tapi efek sampingnya bisa bikin gendut karena kalo obatnya bikin gendut berarti pengobatan berhasil ka. Karena kalo hypertiroid kan bikin kita kurus kering karena sari sari makanan yang kita makan bakal diserap sama bakteri hypertiroid jd makan banyakpun kita ga akan gendut ka. Nah makanya saya sama dokter saya dikasih thyrozol 10 mg kalo bikin gendut berarti pengobatannya berhasil dan kalo pake thyrozol tetep kurus berarti pengobatannya tidak berhasil malahan bakal makin lama pengobatannya . Share aja ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba, hipertiroid bukan bakteri. hipertiroid itu kondisi hormon tiroid yang tidak seimbang. bisa karena ada peradangan, infeksi, kanker, pd wanita jg bisa krn kehamilan hormon jd berubah sehingga memicu hormon tiroid tdk seimbang.
      Saat hipertiroid, makanan bukan diserap bakteri, tp pencernaan jadi terganggu ketidakseimbangan hormon itu jg, jadi kita jg BAB lbh sering drpd saat kita tdk hipertiroid.

      klo dokter mba penjelasannya persis yang mba blg, cari dokter lain aja deh..

      Delete
  82. Mau share info buat temen2 semua yg lg sakit hipertiroid. ini ada herbal khusus utk penyakit hipertiroid & hipotiroid, yg fungsinya menormalkan kerja kelenjar tiroid.
    info selengkapnya bisa langsung cek di :
    http://ontaemasherbal.blogspot.co.id/2016/06/tyreoide.html

    atau
    Langsung ke :
    WA./SMS: 083866006877
    Pin.BB : 5FC92774

    bisa konsultasi juga.

    ReplyDelete
  83. Semoga lekas sembuh deh, kalau butuh obatnya cek aja di profil saya mbak

    ReplyDelete
  84. Konsultasi masalah kesehatan. Dan pengobatan yg tr baik tanpa epeksamping tanpa oprasi dengan saya langsung dr.yusuf spak...
    Hp:085361675232
    Bbm: 7cb2b113
    SAYA TIDAK MELAYANI KONSULTASI VIA SMS / MC.

    ReplyDelete
  85. mba. sekarang sudah sembuh ap blm? masih mengkonsumsi obat PTUny g? soalnya sy mengalamihipertiroidsme akibatnya mata sebelah kiri menonjol ke depan.

    ReplyDelete
  86. Yang mengalami hipertiroid, tolong invite pin saya 74F07D26. Saya udah 5 tahun hipertiroid, blm sembuh2 juga... kita bisa sharing pengalaman dan berbagai informasi.. makasih..

    ReplyDelete
  87. Mau share aja, semoga bs bermanfaat. 1 th lalu sy dioperasi tiroid (juli 2015) dan hasilnya ca papilary variant folicular. Sempet shock sii. Dirujuk ke rscm to tiroidektomi total (agustus 2016) hasilnya tumor jinak. Alhamdulillah. Sy tidak minum herbal. Yg sy konsumsi tiap hari sebelum operasi tiroid total hanya thyrax 50 mg, 3 bulan pertama pasca vonis ca papilar sy minum jus nanas setiap hari (cm tengahnya aja/bonggolnya yg di jus krn mengandung bromelain). Setelah itu hingga saat itu setiap hr sy konsumsi buah kiwi 1 bh. Dan thrax 100 mg. Dan cek darah continue 3 bulan sekali (kl mau). To jus nanas hanya sesekali saja kl lg kepengen. Sy tidak konsumsi herbal krn dokter melarang dan dpt mengganggu kinerja ginjal. Mungkin link dibawah dapat membantu teman2 yg galau dengan tiroid.

    http://m.vemale.com/kesehatan/80129-tolak-kemoterapi-karena-kanker-tiroid-aku-hidup-sehat-berkat-buah-nanas.html

    To yg suka merokok atw makanan yg dibakar, baiknya konsumsi mentimun krn itu dapat menetralkan zat karsinogen

    Semoga bermanfaat dan berguna buat teman2

    ReplyDelete
  88. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman untuk bisnis dan individu dalam tingkat bunga rendah dan terjangkau suku bunga 2%. jika Tertarik? Hubungi kami hari ini di (fredrickpetersonloan@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini
    Salam,
    Tim investasi Fredrick Peterson

    ReplyDelete
  89. Salam semua nya.
    Saya mau sedikit berbagi cerita

    Saya punya saudari perempuan umur 19 th yang menderita hypertiroid + asam urat.
    Dalam kurun waktu < 2 bln berat badanya kurang >20 kg.

    Ciri2 sakit yang dialami adalah :
    1. Sakit kepala yang berpindah2
    2. Demam tinggi dimalam hari
    3. Badan merasa lemas
    4. Keringat bercucuran meskipun tidak merasa panas dan berolah raga
    5. Kedua tangan terasa gemetar saat di rentangkan lurus kedepan
    6. Denyut nadi sangat cepat hingga terlihat jelas pada bagian bawah batang tenggorokan
    7. Sering merasa mual dan sering muntah
    8. Sangat sulit makan (biasanya nafsu makan banyak)
    9. Persendian merasa ngilu (karena asam urat).

    Setelah saya periksakan ke dokter spesialist penyakit dalam, dokter menyuruh untuk tes darah untuk tyroid (hasil nya positif).

    Dokter mewajibkan saudari saya mengkonsumsi obat TPU 100 Mg (Rp. 5000,-/lembar) selama 6 bulan (3x sehari) dan saya juga mengkombinasikan dengan obat herbal yaitu rebusan daun sirsak (10 lembar untuk 3x rebusan dan di konsumsi 3x sehari).

    Alhamdulillah 1 bulan proses pengobatan sudah membuahkan hasil dan berat badan nya mulai nambah.

    Saya harap postingan ini bisa membantu teman2.

    ReplyDelete
  90. Salam semua nya.
    Saya mau sedikit berbagi cerita

    Saya punya saudari perempuan umur 19 th yang menderita hypertiroid + asam urat.
    Dalam kurun waktu < 2 bln berat badanya kurang >20 kg.

    Ciri2 sakit yang dialami adalah :
    1. Sakit kepala yang berpindah2
    2. Demam tinggi dimalam hari
    3. Badan merasa lemas
    4. Keringat bercucuran meskipun tidak merasa panas dan berolah raga
    5. Kedua tangan terasa gemetar saat di rentangkan lurus kedepan
    6. Denyut nadi sangat cepat hingga terlihat jelas pada bagian bawah batang tenggorokan
    7. Sering merasa mual dan sering muntah
    8. Sangat sulit makan (biasanya nafsu makan banyak)
    9. Persendian merasa ngilu (karena asam urat).

    Setelah saya periksakan ke dokter spesialist penyakit dalam, dokter menyuruh untuk tes darah untuk tyroid (hasil nya positif).

    Dokter mewajibkan saudari saya mengkonsumsi obat TPU 100 Mg (Rp. 5000,-/lembar) selama 6 bulan (3x sehari) dan saya juga mengkombinasikan dengan obat herbal yaitu rebusan daun sirsak (10 lembar untuk 3x rebusan dan di konsumsi 3x sehari).

    Alhamdulillah 1 bulan proses pengobatan sudah membuahkan hasil dan berat badan nya mulai nambah.

    Saya harap postingan ini bisa membantu teman2.

    ReplyDelete
  91. Salam semua nya.
    Saya mau sedikit berbagi cerita

    Saya punya saudari perempuan umur 19 th yang menderita hypertiroid + asam urat.
    Dalam kurun waktu < 2 bln berat badanya kurang >20 kg.

    Ciri2 sakit yang dialami adalah :
    1. Sakit kepala yang berpindah2
    2. Demam tinggi dimalam hari
    3. Badan merasa lemas
    4. Keringat bercucuran meskipun tidak merasa panas dan berolah raga
    5. Kedua tangan terasa gemetar saat di rentangkan lurus kedepan
    6. Denyut nadi sangat cepat hingga terlihat jelas pada bagian bawah batang tenggorokan
    7. Sering merasa mual dan sering muntah
    8. Sangat sulit makan (biasanya nafsu makan banyak)
    9. Persendian merasa ngilu (karena asam urat).

    Setelah saya periksakan ke dokter spesialist penyakit dalam, dokter menyuruh untuk tes darah untuk tyroid (hasil nya positif).

    Dokter mewajibkan saudari saya mengkonsumsi obat TPU 100 Mg (Rp. 5000,-/lembar) selama 6 bulan (3x sehari) dan saya juga mengkombinasikan dengan obat herbal yaitu rebusan daun sirsak (10 lembar untuk 3x rebusan dan di konsumsi 3x sehari).

    Alhamdulillah 1 bulan proses pengobatan sudah membuahkan hasil dan berat badan nya mulai nambah.

    Saya harap postingan ini bisa membantu teman2.

    ReplyDelete
  92. Mau tanya dong, sejauh ini ada tidak orang yang sembuh total kena hiper ?

    ReplyDelete
  93. mau tanya dong ... saya udh 12 tahun ini minum tyrax klw kata prof sih udh harus d konsumsi seumur hidup. saya udh 2x melakukan operasi besar . Hasilnya kata prof itu cancer tiroid stadium 2 . cape yah minum obat mulu jadi pertanyaannya apa efek klw ga minum tyrax setelah terjadi pengangkatan... makasih

    ReplyDelete
  94. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  95. Yang hipotiroid ada ga ya.. Soalnya aq khawatir kena hipotiroid gejalsnya hmpir berlawanan dgn yg hipertiroid

    ReplyDelete
  96. Yang hipotiroid ada ga ya.. Soalnya aq khawatir kena hipotiroid gejalsnya hmpir berlawanan dgn yg hipertiroid

    ReplyDelete
  97. Hipertioid ini termasuk kategori penyakit kronis
    gejala yang saya rasakan,
    1. penurunan berat badan (14kg 3 bulan)
    2. bab jadi lancar banget, sehari bisa 2x
    3. ruam2 merah gatal pada kulit(kadang2, tidak banyak)
    4. gampang capek, lelah, naik lantai 2 udh ngos2an
    5. detak jantung kencang (berdebar)
    6. susah tidur kalo malam (insomania)
    7. kalo udh cape banget rasanya mual seperti mabok naik kendaraan.

    kalo nafsu makan biasa saja, bagusnya berat badan saia jadi ideal :D, tapi begitu minum obat tyrozol berat badan langsung naik cepat.

    rumah sakit yg bisa cek lab t3 t4 tsh biasanya rumah sakit besar.
    untuk pengobatan saya mau coba obat dulu 3 bulan(saia hanya minum tyrozol), jika tdk ada perkembangan saya mau coba akupuntur untuk mengedalikan hormon tiroid

    ReplyDelete

 
;