05 November 2012

Seveners Reborn



Apa itu Seveners Reborn? Pada dasarnya ini adalah cikal bakal Purna Wibhakta (Ikatan Aluni SMAN 7 YK) di masa depan. Agar lebih cepat memahami, saya lampirkan 2 dokumen yang pernah saya posting di grup tersebut dengan judul "Member Harus Baca" dan "Visi, Misi dan Rencana"

-----------------------------------------------------------------

Member Baru Harus Baca

Perkenalken, Saya Arswendy Danardhito. Mantan Ketua Umum OSIS tahun 2007. Sekarang saya sedang magang untuk menjadi PNS. Berawal dari masa menganggur yang tidak produktif beberapa bulan lalu, saya mengajak teman-teman saya Arfindo Briyan (Ketua Umum OSIS 2006), Ervinta (Sekum 2006) dan Putri Marulia (Sekum 2007) untuk merencanakan sebuah konspirasi untuk SMA 7 YK. Sesuatu apakah itu? Mari kita flashback dulu~

***
Bagi yang belum tahu, sebenernya dulu waktu lustrum kelima SMA 7 YK (Ultah ke-25), telah terbentuk sebuah wadah silaturahmi bagi alumni, yaitu Purna Wibhakta. Namun sampai sekarang, kami merasa wadah tersebut tidak berasa tajinya bagi SMA 7 YK.

***

Sepengetahuan saya, (dulu) SMA 7 YK itu terkenal akan prestasinya dalam bidang Tonti, Basket, KIR, dll yang sering menjadi juara dalam berbagai perlombaan, namun greget itu-bagi saya pribadi-sudah jarang keliatan dari SMA 7 YK. Beberapa kegiatan eksternal yang bisa dibanggakan pun lama-lama mulai ‘ditiadakan/dikerdilkan’. Yang paling bisa dilihat mungkin adalah GPBT, yang kabarnya telah ditiadakan. Event tersebut dibuat menjadi acara tertutup yang bisa dihadiri hanya oleh kelas XII. Mulai dari sini lah, kami merasa perlu untuk sedikit banyak membantu adik-adik yang masih aktif di sekolah. Salah satu caranya adalah menghidupkan kembali Purna Wibhakta.

Pada awalnya kami bertindak secara individual. Kami langsung "nembusi" Wilda (Ketua OSIS saat ini) dan ngobrol panjang lebar tentang rencana jangka panjang yang belum sempurna tersebut. Di kemudian hari, kami juga sudah "nembusi" Pak Farida (Wakasek Kesiswaan saat ini) untuk "kulonuwun" terlebih dulu. Dan alhamdulillah beliau menyambut dengan baik rencana tersebut. Kata beliau, kami bisa langsung nembusi ke Kepala Sekolah, tapi beliau mengisyaratkan untuk membentuk sebuah tim resmi dan mengajukan semacam proposal. Ribet? Yeah, this is SMA 7. Untuk itu melalui forum ini, kami ingin membentuk kepengurusan kecil dan menampung saran serta aspirasi dalam upaya penyusunan rencana jangka panjang SMA 7 YK.

Semoga catatan kecil ini bisa memberi gambaran bagi temen-temen semua dan semoga juga bisa memercik api semangat teman-teman semua untuk merapatkan barisan bersama kami, memajukan SMA 7 YK.

Salam Wibhakta! :)
 
-----------------------------------------------------------------
Visi, Misi dan Rencana

Ini hasil diskusi selama ini. Ini belum fix. Silahkan kalau ada masukan bisa memberi komen atau langsung menambahi/edit pada docs. :) Tiap minggu bisa berubah-ubah karena selalu di-edit.

VISI
Menjadi sebuah forum yang bertujuan menjaring aspirasi alumni untuk memajukan SMAN 7 Yogyakarta.

MISI
  1. Mengembalikan citra SMA 7 Yogyakarta sebagai sekolah yang berprestasi dan berpendidikan.
  2. Menjadi media dalam silaturahmi antar alumni
  3. Memberikan kontribusi positif untuk almamater.
RENCANA JANGKA PENDEK
  • Merintis kembali Purna Wibhakta melalui forum digital Seveners Reborn
  • Menyusun kepanitiaan kecil
  • Menyusun visi, misi dan program-program.
  • Menetapkan rencana jangka pendek, menengah dan panjang.

RENCANA JANGKA MENENGAH
  • Memberikan asistensi jangka menengah kepada OSIS dalam menyelenggarakan kegiatan.
Ketika akan mengadakan acara besar seperti GTB, CIS, GPBT, dll, alumni memberi pengarahan dan bantuan dalam perencanaan dan eksekusi acara.
  • Bimbingan perkuliahan dari alumni.
Dari yg saya lihat selama ini, banyak teman-teman saya yang merasa salah jurusan kuliah. Kebanyakan merasa tidak suka/tidak cocok menggeluti jurusan tersebut. Oleh karena itu perlu diberikan bimbingan yg lebih intensif lagi sejak dini mengenai hal tersebut. Yaitu dengan cara alumni memberikan bimbingan tentang jurusan kuliah dan kampus kepada adik-adik kelas X. Hal ini dilakukan agar mereka bisa menentukan apakah mereka akan masuk jurusan IPA atau IPS sesuai dengan jurusan kuliah yang cocok dengan mereka. Metodenya bisa menggunakan tes psikotes ataupun menyebar angket, yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.
Contohnya: Alumni Andi yg menjadi mahasiswa UGM, menjelaskan tentang segala sesuatu tentang UGM. Alumni Budi yg menjadi mahasiswa UI, menjelaskan tentang UI.
  • Bimbingan SNPMTN oleh alumni
Ketika memasuki awal kelas XII, alumni bisa memberikan bimbingan tentang kampus lagi. Ketika mendekati SNMPTN, alumni memberikan bimbingan belajar dalam menempuh tes. Diadakan rutin bagi siswa yg membutuhkan.

RENCANA JANGKA PANJANG
  • Alumni yg ahli/berprestasi di bidangnya, membimbing ekskul yg ada di sekolah.
Misal: Setia Agung dulu pernah menjadi juara dalam kejuaraan futsal ketika masih sekolah. Nah ketika udah alumni, bisa membagi pengalaman dan ilmunya kepada adik kelas.

  • Membentuk beberapa ekskul baru, yaitu: film, fotografi dan klub enterpreneurship
Prakteknya: Pasti ada banyak alumni yg punya kamera dan jago motret. Silahkan nanti bisa mengajari adek2 kelas tentang dunia fotografi. Klub fotografi tdk harus dilaksanakan dlm jam sekolah. Bisa juga dilaksanakan pada hari Sabtu malam atau Minggu.
Untuk klub film, saya sudah merintisnya bersama teman-teman alumni 2002 dan 2008. Hasil filmnya bisa ditonton di http://www.youtube.com/user/sevenenders atau di http://www.youtube.com/watch?v=nR6KZcTS7q8Perlu
Selain itu kami juga akan merintis klub enterpreneurship (kewirausahaan) yang nantinya akan mensinergikan ekskul diskomvis dan Koperasi melalui kegiatan berwirausaha. Entah itu jualan kaos, stiker, atau pernak-pernik lain tentang SMA 7.

  • Merintis pembangunan ruang musik.
Ini adalah salah satu cita-cita dari generasi yg lalu, namun tidak pernah bis terealisasikan. Mengenai hal ini, kami belum mempunyai gambaran lebih lanjut. Barangkali ada alumni lain yg bisa memberi masukan.
  • Merumuskan mengenai pemberian poin bagi pelanggaran siswa
Mengenai poin ini, kami juga belum mempunyai gambaran lebih lanjut.
  • Bimbingan kepada kelompok siswa yang meresahkan sekolah
Melakukan pendekatan secara intensif. Mengarahkan mereka ke berbagai kegiatan sekolah yang positif. Membimbing, bukan malah membatasi gerak mereka.
  • Membentuk dan membina basis suporter smaven
Beberapa waktu yang lalu pernah kejadian SMA 7 tidak boleh ikut suatu kompetisi karena kekurangan jumlah suporter. Perlu dibentuk basis suporter smaven untuk menghindarii kejadian seperti tersebut.Pertama, membuat database nomor HP siswa dan alumni. Kedua, bentuk tim alumni yg bertugas untuk menjadi humas, yaitu menyampaikan info kegiatan smaven melalui twitter, facebook ataupun jarkom sms. Mengenai pengiriman sms secara massal mungkin bisa memakai smscaster.comSelain itu tiap-tiap angkatan dibentuk tim koordinator suporter. Untuk ke depan bisa dianggarkan untuk pembelian drum set dan atribut suporter yang lain.
  • Memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi
Selama ini beasiswa hanya diberikan kepada siswa yang kurang mampu. Untuk ke depan, akan diwacanakan untuk memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi dari dana alumni.

  • Membuat forum online dan database alumni
Format forumnya sesimpel grup fb dan fiturnya sekaya kaskus. jadi nanti ada subforum untuk tiap angkatan, terus sub-sub-forum lagi untuk tiap kelas. (mung angen2)
Untuk database sudah dimulai dibuat ketika lustrum kelima dulu. Semua data setahu saya dipegang oleh Pak Bandono. Nanti kita bisa berdiskusi dengan beliau bagaimana kelanjutannya. 
  • Memberikan asistensi jangka panjang kepada OSIS dalam menyelenggarakan kegiatan.
Seperti yg kita tahu, SMA 7 belum pernah mengadakan GPBT (pentas musik) dalam skala yg luas. Selama ini hanya diadakan di dalam sekolah, dengan budget, dan perencanaan yg minim, sehingga  keseluruhan acaranya “kurang wah”. Oleh karena itu perlu diadakan perencanaan jangka panjang. Contoh. OSIS tahun 2012 membentuk konsep. OSIS 2013 mengumpulkan sponsor potensial. OSIS 2014 memantapkan tentang eksekusi acara, mengurus perijinan luar dan meyakinkan sekolah. OSIS 2015 menyelenggarakan acara. Selain itu juga ada alumni yg mengkhususkan diri membina acara rutin OSIS. Misal, Mas Aziz (2008) didaulat jadi pembina GTB. Kemudian saya, bisa membina WSC karena dulu saya mantan Ketua WSC juga.
  • Penjaringan bakat para siswa
Dari yang saya lihat selama saya dulu sekolah, sebenarnya ada banyak bakat dari para siswa yg masih terpendam. Entah itu bakat seni, olahraga atau akademik. Tetapi sebagian besar bakat tersebut tidak terpantau dengan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pembinaan bakat yang lebih intensif lagi dari sekolah agar bisa menjaring calon-calon juara dalam berbagai perlombaan.
Pada awal masuk sekolah, bisa diadakan semacam seleksi sederhana untuk menjaring calon juara dari bidang-bidang tertentu. Setelah ditemukan, buat database. Tunjuk beberapa guru atau anggota OSIS untuk menjadi pembina dari bidang tersebut. Sehingga ketika ada undangan lomba dari luar, bisa langsung menunjuk siswa yang bersangkutan.


No comments:

Post a Comment

 
;